Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sarang Burung Sriti Di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo

Hidayatulloh, Afiq Muhamad Arif (2020) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sarang Burung Sriti Di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi up perpus.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

M Arif Hidayatulloh, Afiq, 2020. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Sarang Burung Sriti di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Niswatul Hidayati, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Hukum Islam, Jual Beli, Sarang Burung Sriti

Kajian hukum islam dari waktu ke waktu terus berubah dan berkembang termasuk dalam hal muamalah, seperti jual beli. Jual beli telah banyak mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari segi cara, bentuk, model, maupun barang yang diperjualbelikan. Apalagi jika ditinjau dari segi objek jual beli, salah satunya adalah jual beli sarang urung sriti yang terjadi di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo. Disana terdapat beberapa warga yang memperjualbelikan sarang burung sriti sebagai usaha sampingannya.
Berangkat dari latar belakang tersebut penulis bermaksud untuk meninjau bagaimana perspektif hukum Islam terhadap akad jual beli sarang burung sriti tersebut dan sarang burung sriti sebagai obyek jual beli di di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo, sehingga dapat diketahui apakah akad yang digunakan dalam jual beli tersebut sudah sah atau tidak, dan apakah sarang burung sriti sebagai obyek jual beli itu halal atau haram. Dan bagaimana dasar hukum terhadap jual beli sarang burung sriti tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan cara berpikir induktif. Sedangkan teknis penggalian data menggunakan wawancara. Sumber datanya diperoleh dari informan yakni pengepul dan pedagang serta petani sarang burung sriti. Dalam mengolah data, penulis melalui beberapa tahapan, yaitu editing, organizing dan penentuan hasil data. Kemudian oleh penulis di analisis menggunakan hukum Islam.
Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) analisa hukum Islam terhadap akad jual beli sarang burung sriti di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten adalah sesuai hukum Islam yaitu boleh atau sah hukumnya karena memenuhi syarat dan rukun akad jual beli dalam Islam, (2) analisa hukum Islam terhadap sarang burung sriti sebagai objek jual beli di Desa Campurejo Kecamatan Sambit Kabupaten adalah sesuai hukum Islam yaitu boleh atau halal hukumnya karena memenuhi kriteria syarat objek (barang) yang boleh diperjual-belikan menurut hukum Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Niswatul Hidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:26
Last Modified: 30 Nov 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11625

Actions (login required)

View Item View Item