(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG) Peranan Dana Retribusi Dalam Pengembangan Wisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2019

Ramadhanty, Wulan (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, UPLOAD ULANG) Peranan Dana Retribusi Dalam Pengembangan Wisata Untuk Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo Tahun 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716064, wulan ramadhanty.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ramadhanty, wulan. Peranan dana retribusi terhadap pengembangan wisata untuk kesejahteraan masyarakat kecamatan ngebel tahun 2015-2019. Skripsi, 2020. Jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam insitut agama islam negri ponorogo. Pembimbing: Said Abadi. Lc., M.A
Kata kunci: Strategi, Pemberdayaan, Pajak
Retribusi dalam penarikan karcis memberikan sumbangsih terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), yang nantinya juga akan berpengaruh terhadap anggaran belanja negara dan pembangunan daerah, ketika pembangunan daerah beserta potensi wisata tersebut terus berkembang tentu akan ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Namun peranan dana retribusi dalam pengembangan wisata masih kurang, sulitnya mencari dana untuk pembangunan, sulitnya membuka usaha disekitar kawasan wisata, sulitnya akses jalan menuju ke lokasi wisata menjadi masalah sulit berkembanganya wisata.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji kredibilitas. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peranan dana retribusi dalam pengembangan wisata belum terlakasana secara optimal, hal ini dikarenakan banyaknya tanggungan pembangunan daerah, sulitnya mencari dana, belum adanya akomodasi transportasi menuju wisata dari kota, sehingga membuat pembangunan potensi wisata sulit untuk berkembang, kondisi kesejahteraan masyarakat juga belum sepenuhnya meningkat, hal ini disebabkan oleh adanya paguyupan yang mengatur pedagang di kawasan wisata sehingga tidak semua masyarakat bisa mencoba peluang usaha di sekitar kawasan, maka dari itu beberapa solusi dapat dijadikan pertimbangan untuk menyelesaikan masalah diatas, seperti mencari sumber dana lain untuk pembangunan wisata, atau penambahan destinasi tiap desa agar wisata ngebel memiliki variasi wisata, dalam transportasi pihak dinas pariwisata bisa bekerja sama dengan beberapa travel yang ada di kota ponorogo, agar wisatawan luar bisa menjangkau, untuk UMKM di buat peraturan bergantian berjualan sehingga banyak masyarakat yang menikmati peluang usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2020 02:24
Last Modified: 25 Nov 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11624

Actions (login required)

View Item View Item