Analisis Bauran Pemasaran Pada Produk Tabungan Simpanan Pelajar Dalam Upaya Menigkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit

Sholikhah, Binti Halimatus (2020) Analisis Bauran Pemasaran Pada Produk Tabungan Simpanan Pelajar Dalam Upaya Menigkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ANALISIS BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK TABUNGAN SIMPANAN PELAJAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI BANK BRI SYARIAH KCP MOJOKERTO MAJAPAHI1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sholikah, Binti Halimatus. 2020. “Analisis Bauran Pemasaran pada Produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah di Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Tabungan Simpanan Pelajar.
Dari perkembangan jumlah nasabah pada tahun 2017 hingga tahun 2019 mengalami kenaikan. Namun meskipun naik posisi tabungan simpel berada paling rendah dari keseluruhan produk tabungan. Jumlah peningkatan nasabah pada tabungan simpel setiap tahun tidak lebih dari 10 nasabah. Padahal produk tabungan simpel ini sudah ada pada tahun 2016 namun minat nasabah menabung tabungan simpel masih sangat rendah.Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penerapan strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi pada produk Tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) dalam upaya meningkatkan jumlah nasabah di BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit?
Skripsi ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik yang digunakan adalah wawancara. Skripsi ini menggunakan metode penelitian field research karena peneliti dalam menggunakan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan di tempat terjadinya kasus terjadi.
Berdasarkan hasil temuan penelitian di temukan masyarakat kurang mengenal produk, kurang pemahaman, pengetahuan tentang tabungan Simpel, tidak adanya fasilitas ATM, lama untukpenarikantunai di Teller. Tabungan Simpeltidaksesuaidengankeinginandankebutuhannasabah, jauhdarirumahsehinggaberanggapanbahwamenabung di rumahatau di sekolahanlebihmenguntungkan. Solusi untuk BRISyariah KCP Mojokerto Majapahit ini dengan meningkatkan sosialisasi, meningkatkan kualitas dari fasilitas ATM, lebih dekat dengan masyarakat dengan adanya grebek pasar, sering mengadakan sosialisasi/kunjungan ke instansi supaya produk ini bisa dikenal oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:01
Last Modified: 24 Nov 2020 07:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11616

Actions (login required)

View Item View Item