Analisis Swot Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Teh Jamus dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi

Wigaga, Ardan (2020) Analisis Swot Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Teh Jamus dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716103_ARDAN WIGAGA - Etheses_3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Wigaga, Ardan."Tinjauan Strategi Pemasaran Agrowisata Kebun Teh Jamus”, Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah, IAIN Ponorogo, 2020.
Kata Kunci: Stretegi pemasaran, Analisis SWOT, Agrowisata kebun teh Jamus
Strategi pemasaran adalah pendekatan pokok yang akan digunakan oleh unit bisnis dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan terlebih dahulu yang di dalamnya tercantum keputusan-keputusan pokok mengenai, target pasar, penempatan produk di pasar, bauran pemasaran dan tingkat biaya pemasaran yang diperlukan. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh pengelola Agrowisata kebun teh Jamus fokus pada produk, harga, tempat, dan promosi. Secara teori bahwa indikator strategi pemasaran sudah terpenuhi maka harusnya tercapai target pasar yang di tentukan. Namun pada praktiknya di temukan masalah bahwa, pertama dari segi produk yang bervariasi dan juga memberikan nilai edukasi tentang penanaman tanaman teh, tempatnya strategis, promosi yang dilakukan pihak pengelola sudah mengikuti perkembangan zaman melalui media sosial seperti instagram, harga tiket masuk tergolang murah bahkan mendapatkan free satu kotak teh Jamus.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang di terapkan di Agrowisata Kebun Teh Jamus dengan analisis marketing mix. Dan juga mengetahui strategi pemasaran yang sesuai untuk Agrowisata Kebun Teh Jamus dimasa yang akan dating berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis data induktif, teknik pengecekan keabsahan data dengan metode triangulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumtasi.
Hasil penelitian ini menujukan bahwa dalam analisis SWOT terdapat empat komponen 1. (Strenght) kekuatan yaitu Agrowisata kebun teh Jamus mempunyai banyak variasi wahana, dan juga memberikan nilai edukasi tentang penanaman , pemetikan, sampai pada pengemasan teh. Selain itu Agrowisata kebun teh Jamus juga memiliki tempat yang strategis karena dilalui banyak orang dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah 2. Kelemahan (Weakness) yang ada di Agrowisata kebun teh Jamus kurang memaksimalkan media sosial, selain itu penataan lokasi yang kurang rapi, dan tidak adanya target pengungjung dalam setiap bulan maupun tahun 3. Peluang (Opportunity ) yang dimiliki Agrowisata kebun teh Jamus adanya kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Ngawi. Dan juga tersedianya home stay bagi para wisatawan yang ingin bermalam di Agrowisata kebun teh Jamus 4. Ancaman (Threat) yang dihadapi Agrowisata kebun teh Jamus yaitu persaingan dengan agrowisata dan juga wisata lain yang ada di Kabupaten Ngawi, selain itu kurangnya informasi tentang keberadaan Agrowisata kebun teh Jamus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 06:16
Last Modified: 24 Nov 2020 06:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11605

Actions (login required)

View Item View Item