Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR Pada Usaha Mikro Di PT. BRI Syariah KCP Magetan

Sholehah, Fitria Nur (2020) Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR Pada Usaha Mikro Di PT. BRI Syariah KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRIA NUR S 210816050.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nur Sholehah, Fitria, 2020, Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR Pada Usaha Mikro Di PT. BRI Syariah KCP Magetan, Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci: Prinsip 5C, Penjaminan, Kredit bermasalah
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada Bank BRI Syariah KCP Magetan mengenai analisis kelayakan, penjaminan dan penyelesaian kredit macet terhadap pembiayaan KUR Mikro. Peminat produk pembiayaan KUR di kalangan masyarakat semakin bertambah, namun dalam kegiatan pembiayaan KUR masih ada nasabah yang terkena kredit macet. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana analisis kelayakan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank BRI Syariah KCP Magetan kepada usaha mikro? (2) Bagaimana mekanisme penjaminan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT Bank BRI Syariah KCP Magetan kepada usaha mikro? (3) Bagaimana penyelesaian pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bermasalah pada PT Bank BRI Syariah KCP Magetan kepada usaha mikro?.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) karena penelitian dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Penelitian menggunakan pendekatan kualiatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang wawancarai maupun diamati.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemacetan kredit disebabkan oleh dua faktor yaitu analisis kredit pihak bank dan nasabah karena adanya unsur kesengajaan maupun tidak sengaja. Analisis kelayakan prinsip 5C yang telah diterapkan di Bank BRI Syariah KCP Magetan yaitu capital, caracter, capacity, collateral, dan condition. sehingga pihak bank sebaiknya lebih teliti dalam melakukan analisis dan menggunakan semua analisis prinsip 5C terutama Condition (Kondisi). Mekanisme penjaminan KUR yang telah diterapkan di PT. Bank BRI Syariah KCP Magetan yaitu dijamin oleh pemerintah melalui PT Askrindo dan Jamkrindo. Terdapat penerapan yang berbeda dengan peraturan pemerintah yaitu bank tetap meminta agunan. Namun sebaiknya pihak bank tetap meminta agunan untuk mendapatkan pembiayaan kredit. Namun jaminan disini dipergunakan sebagai pengaman pelunasan, pendorong atau motivasi debitur. Penyelesaian pembiayaan (KUR) bermasalah pada PT. Bank BRI Syariah KCP Magetan yaitu dilakukan dengan beberapa metode yaitu Rescheduling, Reconditioning, Restructuring, kombinasi, dan penyitaan jaminan. Sebelum penyelesaian KUR yang bermasalah dengan mengajukan klaim kepada PT Askrindo dan Jamkrindo untuk mendapatkan pengantian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:30
Last Modified: 24 Nov 2020 04:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11601

Actions (login required)

View Item View Item