Determinan Kecukupan Modal Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2014-2018

Khasanah, Diah Rini Alfiatul (2020) Determinan Kecukupan Modal Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2014-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi full A5 upload fiks.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khasanah, Diah Rini Alfiatul Khasanah. 2020. Determinan Kecukupan Modal Bank Umum Syariah Di Indonesia Tahun 2014-2018. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah (PS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat, M. A.
Kata Kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Bank, Tingkat Pertumbuhan, Kecukupan Modal
Modal adalah sumber keuangan bagi bank yang digunakan untuk menjalankan operasional usaha pertama kali. Modal merupakan faktor penting bagi perkembangan dan kemajuan bank. Bank syariah harus memiliki modal yang cukup agar terhindar dari gejala kekurangan modal. Kecukupan modal dapat diukur dengan Capital Adequacy Ratio (CAR) yang merupakan rasio yang memperlihatkan seberapa jauh seluruh aktiva bank yang mengandung risiko. Tingkat Capital Adequacy Ratio (CAR) Bank Umum Syariah di Indonesia pada tahun 2014-2018 mengalami fluktuatif. Fluktuatif tersebut disebabkan karena rasio-rasio seperti profitabilitas, likuiditas, ukuran modal, dan tingkat pertumbuhan yang seharusnya memiliki pengaruh terhadap CAR memiliki nilai yang tidak stabil hingga nilai yang didapatkan membuat kesehatan bank setiap tahunnya naik turun dengan hasil yang berbeda-beda. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Bank dan Tingkat Pertumbuhan terhadap Kecukupan Modal yang mengalami fluktuatif pada tahun 2014-2018 baik secara individu maupun secara bersama-sama.
Penelitian ini menggunakan populasi laporan keuangan tahunan milik 14 Bank Umum Syariah di Indonesia selama periode tahun 2014-2018. Sampel penilitian ini didapatkan 11 Bank Umum Syariah di Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi ().
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Profitabilitas tidak dapat memengaruhi CAR karena nilai profit yang dimiliki bank rendah. 2) likuiditas juga tidak dapat mempengaruhi naik tinggi CAR, hal ini disebabkan karena FDR rendah karena tidak banyaknya pembiayaan yang dikeluarkan oleh bank. 3) Ukuran Bank juga tidak berpengaruh terhadap CAR karena jumlah aset pada bank tersebut rendah. 4) Tingkat pertumbuhan pada bank dapat mempengaruhi naik turunnya CAR tapi tidak signifikan karena rata-rata pada tingkat pertumbuhan belum mencapai jumlah minimum pada CAR. 5) sedangkan secara simultan dapat memberi pengaruh terhadap CAR karena jika dilakukan bersama-sama maka akan menambah modal dan dapat menghindarkan bank dari kerugian. Oleh karena itu solusi dari permasalahn ini yaitu bagi Bank Umum Syariah di Indonesia harus lebih memperhatikan lagi terkait dengan profit, laba, pembiayaan, aset dan aktiva pada bank tersebut karena dengan tetap menjaga dan meningkatkan semua hal tersebut maka mampu mempengaruhi dan meningkatkan modal pada bank sehingga dapat menunjukkan bahwa bank dapat mengelola perusahaan dengan baik. Jika manajemen bank mengelola dengan baik maka akan terhindar dari kerugian dan hal ini juga dapat meyakinkan masyarakat agar lebih percaya untuk berinvestasi pada bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 04:29
Last Modified: 24 Nov 2020 04:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11600

Actions (login required)

View Item View Item