Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Pedagang (Studi di Pasar Gayam, Sidomulyo, Kebonagung, Pacitan)

Setiawan, Irvan (2020) Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Pedagang (Studi di Pasar Gayam, Sidomulyo, Kebonagung, Pacitan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716110_IRVAN SETIAWAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiawan, Irvan. Analisis Potensi Pasar Tradisional Dalam Peningkatan Ekonomi Pedagang (Studi Di Pasar Gayam, Sidomulyo, Kebonagung, Pacitan). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah.
Kata Kunci :Potensi, Pasar Tradisional, dan Peningkatan Ekonomi.
Potensi merupakan suatu daya yang dimiliki oleh sesuatu, tetapi daya tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Oleh karena itu, yang menjadi tugas berikutnya bagi pengelola yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi. Potensi dapat menjadi perilaku apabila dikembangkan melalui proses yang tertata. Karena potensi tidak dapat terwujud apabila pengelola dan cara pengelolaannya tidak sesuai metode atau teori yang sudah ditentukan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apa potensi pendukung ekonomi masyarakat di Pasar Gayam?, Bagaimana system pengelolaan potensi Pasar Gayam?, Apa dampak pengelolaan potensi Pasar Gayam terhadap peningkatan ekonomi masyarakat?
Tujuan penelitian untuk mengetahui potensi pendukung ekonomi masyarakat di pasar gayam, untuk mengetahui pengelolaan potensi di pasar gayam, dan untuk mengetahui dampak pengelolaan potensi pasar gayam terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi pendukung ekonomi masyarakat pasar Gayam yaitu harga produk lebih murah, produk yang bervariasi, dan lokasi yang strategis. Untuk sistem pengelolaan potensi pasar Gayam yaitu di kelola bersama dengan desa, karena pasar Gayam merupakan salah satu asset dari desa. Dampak pengelolaan potensi pasar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat yaitu sangat berpengaruh bagi peningkatan ekonomi, karena produk yang menjadi keunggulan di pasar Gayam selalu diperhatikan oleh pengurus pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:54
Last Modified: 24 Nov 2020 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item