Implementasi Akuntansi Pembiayaan Skema Murabahah iB Dalam Perspektik PSAK 102 (Studi Kasus Pada BRI Syariah KCP Blitar

Devianti, Renata (2020) Implementasi Akuntansi Pembiayaan Skema Murabahah iB Dalam Perspektik PSAK 102 (Studi Kasus Pada BRI Syariah KCP Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Renata Devianti.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Devianti, Renata. 2020. “Implementasi Akuntansi Pembiayaan Skema Murabahah iB Dalam Perspektif PSAK 102 (Studi Kasus Pada BRI syariah KCP Blitar).”Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ely Masykuroh, S.E., M.SI.
Kata Kunci: Pengakuan, Pengukuran, Penyajian, Pengungkapan.
Sebagai lembaga keuangan syariah, kegiatan usaha BRI syariah KCP Blitar adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan. Salah satu produk pembiayaan pada bank yaitu pembiayaan murabahah.Dalam melakukan pembiayaan ini perlu adanya perlakuan akuntansi tentang pembiayaan murabahah berdasarkan standar akuntansi yang berlaku yaitu PSAK 102, sehingga dapat membantu bank untuk mengambil kebijakan yang tepat dan meningkatkan jumlah nasabah pada produk pembiayaan tersebut.Kemudian penelitian ini dilakukan untuk mengkaji implementasi akuntansi berdasarkan PSAK 102 yang dilakukan pada produk pembiayaan murabahah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi pengakuan dan pengukuran pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK 102 pada BRI syariah KCP Blitar?. Bagaimana implementasi penyajian pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK 102 pada BRI syariah KCP Blitar?. Bagaimana pengungkapan pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK 102 pada BRI syariah KCP Blitar?.Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode field research, karena dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi.Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan pembiayaan murabahah di BRI syariah KCP Blitar paling banyak adalah dengan pesanan dan akad yang digunakan adalah akad murabahah bil wakalah. Untuk pengakuan dan pengukuran diskon, piutang murabahah, keuntungan murabahah, potongan pelunasan telah sesuai dengan PSAK 102 tetapi untuk potongan angsuran bank tidak memberikan dan bank tidak mengakui persediaan aset murabahah, dan pencatatan uang muka belum sesuai dengan PSAK 102. Penyajian piutang murabahah dan beban tangguhan murabahah belum sesuai dengan PSAK 102, tetapi penyajian margin murabahah sudah sesuai.Pengungkapan laporan keuangan sudah sesuai dengan PSAK 102 tentang penyajian laporan keuangan, tetapi masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki.Sehingga diharapkan bank dapat menjalankan kegiatan pencatatan dan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku demi menjaga rasa kepercayaan terhadap nasabah dan dapat mengambil kebijakan yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:54
Last Modified: 24 Nov 2020 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11592

Actions (login required)

View Item View Item