IMPLEMENTASI KURIKULUM VOKASIONAL BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN (STUDI KASUS DI MA NEGERI 1 PONOROGO)

KUSUMASARI, FEBRI RINDU (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM VOKASIONAL BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN (STUDI KASUS DI MA NEGERI 1 PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211216007 FEBRI RINDU KUSUMASARI_MPI 211216007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kusumasari, Febri Rindu. 2020. Implementasi Kurikulum Vokasional Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan (Studi Kasus di MA Negeri 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata Kunci: Kurikulum Vokasional, Teknologi, Kompetensi Lulusan.
Penelitian dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan yang menganggur setelah mereka lulus, karena beberapa faktor yaitu tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi, faktor ekonomi dan kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk itu perlu adanya pengembangan inovasi dari madrasah dalam mengantisipasi problem tersebut. Kemudian untuk mengantisipasi hal tersebut Kementerian Agama mengeluarkan kebijakan mengenai penyelenggaraan program keterampilan di Madrasah Aliyah. MAN 1 Ponorogo merupakan madrasah pertama yang menerapkan program tersebut. Program Keterampilan ini didukung oleh kurikulum vokasional yang mana dalam pelaksanaannya memerlukan perencanaan yang matang serta perlu memperhatikan faktor-faktor pendukung seperti peserta didik, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan lingkungan masyarakat. Perencanaan perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh agar tujuan dari kurikulum vokasional yaitu membekali siswa berupa keterampilan/ life skill, dapat tercapai dan memperoleh hasil yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan (1) Perencanaan implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 1 Ponorogo, (2) Implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 1 Ponorogo, (3) Hasil dari implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dalam meningkatkan kompetensi lulusan di MAN 1 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif menurut Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian tersebut adalah (1) Terdapat beberapa faktor pendukung yang perlu dipersiapkan sebelum pelaksanaan kurikulum vokasional di antaranya materi kurikulum vokasional, tim vokasi, perekrutan tenaga pendidik yang sesuai dengan bidang keterampilan di MAN 1 Ponorogo, serta pengadaan sarana dan prasarana pendidikan. (2) Implementasi kurikulum berbasis teknologi di MAN 1 Ponorogo merupakan perealisasian dari perencanaan kurikulum vokasional, kurikulum vokasional dilaksanakan dengan sistem moving class, materi yang diberikan kepada siswa disesuaikan dengan bidang keterampilan yang dipilihnya, tenaga pendidik yang mengajar pun juga profesional dan berkompeten karena disesuaikan tiap-tiap program keterampilan, kurikulum vokasional tersebut didukung oleh teknologi pendidikan yang mana termasuk dalam sarana dan prasarana yang mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga sarana dan prasarana tersebut memadai dan berstandar Dunia Usaha/ Dunia Industri, semua hal tersebut dilakukan agar siswa berkompeten dalam bidang keterampilan yang dipilih. (3) Hasil dari implementasi kurikulum vokasional berbasis teknologi dapat dilihat dari produk-produk yang dihasilkan oleh siswa melalui ujian Tugas Akhir dan juga prestasi yang diraih siswa dalam segala bidang baik akademik maupun non akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: UMAR SIDIQ
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:52
Last Modified: 24 Nov 2020 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11586

Actions (login required)

View Item View Item