Implementasi Media Pembelajaran Google Classroom dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo

MUTTAQIN, AMIRUL (2020) Implementasi Media Pembelajaran Google Classroom dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316326 AMIRUL MUTTAQIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital kini melingkup hampir ke dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Sistem pembelajaran konvensional mulai bergeser menjadi sistem pembelajaran digital berbasis online. Dalam hal ini, sebagai salah satu perguruan tinggi di Indonesia, IAIN Ponorogo juga telah berusaha untuk menerapkan media pembelajaran berbasis online dalam proses pembelajaranya. Salah satunya yakni penggunaan media Google Classroom. Penggunaan media pembelajaran berbasis online ini diyakini dapat merubah pembelajaran menjadi variatif, inovatif, dan menarik bagi mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan implementasi media pembelajaran Google Classroom pada perkuliahan, 2) mendeskripsikan hasil implementasi media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa pada perkuliahan, 3) mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat implementasi media pembelajaran Google Classroom.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan, dilanjutkan dengan menentukan kredibelitas data menggunakan teknik triangulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) implementasi Google Classroom memudahkan mahasiswa dalam menerima penyampaian materi melalui presentasi dan diskusi, serta pemberian tugas, dll., waktu penggunaannya fleksibel, digunakan saat perkuliahan maupun di luar jam perkuliahan. Evaluasi juga praktis dilakukan dengan menggunakan rubik penilaian, evaluasi proses dilakukan dengan absensi dan record keaktifan mahasiswa, evaluasi hasil dilakukan dengan Google Form. 2) hasil implementasi Google Classroom, mahasiswa antusias mengikuti perkuliahan, respon baik ketika penyampaian materi, serta umpan balik yang bagus ketika penugasan, ketuntasan dapat ditinjau dari penyampaian materi yang sesuai harapan, pemberian tugas cepat, mudah, dan praktis, proses evaluasi didukung rubik penilaian. 3) faktor pendukung dari kemampuan menjalankan adalah dukungan bahasa Indonesia dan dukungan kolaborasi layanan Google, sedangkan dari ketersediaan insfrastruktur adalah kemudahan akses dan biaya murah. Adapun faktor penghambat dari kemampuan menjalankan ialah hanya mendukung fitur chat dan tidak mendukung teleconference, videocall, ataupun voicenote, sedangkan dari ketersediaan infrastruktur ialah perlunya konektivitas stabil dan perangkat yang mampu mengoperasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Nov 2020 01:45
Last Modified: 24 Nov 2020 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11576

Actions (login required)

View Item View Item