Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Pare Kediri

Fitriani, Nurhasanah (2020) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Faedah Di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Pare Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURHASANAH FITRIANI-1.pdf

Download (66MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang berprinsip pada syariat islam. Segala kegiatan yang dilakukan juga harus sesuai al quran dan sunnah. Semakin banyaknya lembaga perbankan di Indonesia akan menyebabkan persaingan antar bank. Salah satunya inovasi pada Bank BRI Syariah adalah produk tabungan faedah. Namun, pada tiga tahun terakhir ini tidak mengalami jumlah peningkatan nasabah, bahkan cenderung menurun.
Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam hal ini peneliti bermaksud memberikan deskripsi strategi pemasaran produk tabungan faedah dan kendala dalam memasarkan produk. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang langsung diperoleh dari sumber utamanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Teknik analisis data dengan pola induktif yang berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus untuk diteliti, dianalisis, dan disimpulkan sehingga berlaku secara umum.
Hasil analisis penelitian tersebut bahwa tidak adanya peningkatan jumlah nasabah tabungan faedah disebabkan karena kurang maksimalnya penerapan dibidang promosi.
Promosi yang dilakukan oleh BRI Syariah KCP Pare belum mampu menjangkau kaum milenial, karena promosi yang dilakukan saat ini hanya terfokus pada para pedagang di pasar saja. Selain itu, juga disebabkan karena kurangnya pengembangan skill marketing yang menyebabkan tidak terfikirkannya penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk agar dapat menjangkau semua kalangan. BRI Syariah KCP Pare juga belum menggunakan strategi jemput bola untuk menarik minat masyarakat. Solusi yang harus dipersiapkan oleh BRI Syariah KCP Pare harus lebih giat mempromosikan produk khususnya pada kaum milenial, dengan memanfaatkan media sosial, menerapkan kembali strategi jemput bola dan menyediakan LAKU PANDAI untuk memudahkan dalam menjangkau masyarakat yang jauh dari kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:35
Last Modified: 23 Nov 2020 17:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11566

Actions (login required)

View Item View Item