(LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI) Implementasi nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran takhasus di MIN 1 Ponorogo

Ayu Kurnia Wati, Erma (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM DITANDA TANGANI) Implementasi nilai-nilai karakter religius melalui pembelajaran takhasus di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616027_ERMA AYU KURNIA WATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kurnia Wati, Erma Ayu. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Takhasus di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Sutoyo, M.Ag.
Kata kunci: Karakter Religius, Pembelajaran Takhasus
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan agama pada anak yang diterapkan di Sekolah Dasar. Dalam pendidikan tentunya ada faktor-faktor yang mendukung serta penghambat dalam implementasi pendidikan tersebut. Berbagai cara sekolah dalam membentuk karakter peserta didik, karena karakter perlu dikembangkan pada diri setiap anak. Dalam menanamkan karakter terutama karakter religius dapat dilakukan sejak usia dini melaui pembiasaan yang ada di sekolah terutamanya di sekolah dasar. Pendidikan karakter di MIN 1 Ponorogo berusaha membina pribadi yang utuh sesuai agama dan budaya bangsa. Sehingga perlu penanaman karakter yang dilakukan melalui pebelajaran takhasus untuk membantu memaksimalkan nilai karakter religius yang akan didapat oleh siswa sehingga diperlukan kerjasama dari pihak sekolah, lingkungan masyarakat sekolah maupun dengan wali murid.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan program takhasus yang ada di MIN 1 Ponorogo. (2) Untuk mengetahui metode dan setrategi yang di gunakan dalam internalisasi nilai-nilai karakter religius pada pembelajara takhasus. (3) Untuk mengetahui hasil dari metode dan setrategi internalisasi nilai-nilai karakter religius pada pembelajaran takhasus.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan, yaitu penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain sehingga dapat mudah dipahami dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) pembelajaran Takhasus adalah program unggulan di MIN 1 Ponorogo, yang mana program ini juga termasuk cara/usaha guru dalam membentuk karakter siswa utamanya karakter religius. (2) pembelajaran takhasus mendapat respon positif dari pihak sekolah, wali murid, dan lingkungan sekolah. (3) dengan pembelajaran takhasus siswa dapat belajar dan memperdalam agam Islam. (4) dalam memanfaatkan program tersebut khususnya tahap persiapan dan tahapan prosesnya, guru menggunakan metode dan strategi yang tentunya dapat membentuk karakter siswa. (5) peran guru sangat penting dalam pembelajaran Takhasus, dimana guru mendampingi langsung para peserta didik untuk belajar, menghafal dan menerapkan materi Takhasus terutama wali kelas/guru kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sutoyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:34
Last Modified: 23 Nov 2020 17:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11563

Actions (login required)

View Item View Item