KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IMAM AL-GHOZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AHLAK DI MA YP. KH. SYAMSUDDIN DURISAWO PONOROGO

Fatikasari, Ninda (2020) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT IMAM AL-GHOZALI DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AHLAK DI MA YP. KH. SYAMSUDDIN DURISAWO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NINDA PDF - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatikasari, Ninda. 2020. Konsep Pendidikan Anak Menurut Imam Al-Ghozali
Dalam Kitab Bidayatul Hidayah dan Relevansinya dengan Akidah
Ahlak Ma Yp. Kh.Syamsuddin. Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.
Kata Kunci: Pengertian Anak, Konsep Pendidikan, Akidah Ahlak,Bidayatul
Hidayah
Bidayatul Hidayah merupakan kitab karangan Imam Al-Ghozali, yang mana
merupakan ringkasan ilmu akhlak untuk pelajar dasar. Didalam kitab itu berisi
tentang konsep- konsep pendidikan akhlak anak dalam kehidupan sehari- hari,
dengan maksud sebagai bekal dalam kehidupan agar mempunyai akhlak yang
baik. Pada dasarnya tujuan dari pendidikan Islam sendiri yaitu untuk mencapai
akhlak adab sempurna, keberhasilan pendidikan manusia tidak akan sempurna jika
hanya dilihat dalam aspek kognitif saja, tetapi yang lebih penting lagi adalah
terbentuknya generasi yang mempunyai akhlak mulia, yang nantinya bisa
diterapkan dalam kehidupan nyata.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak dalam
kitab Bidayatul Hidayah dan relevansinya dengan Pendidikan islam.
Metode yang digunakan peneliti yaitu Library Research dengan
mengunakan pendekatan etika. Adapun sumber utama dalam penelitian ini adalah
kitab Bidayatul Hidayah dan terjemahan kitab Bidayatul Hidayah. Adapun
sumber- sumber pendukungnya adalah buku- buku yang berkaitan dengan materi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa konsep pendidikan akhlak
yang yang terdapat dalam kitab Bidayatul Hidayah memuat tentang akhlak, Adab
manusia kepada Allah, akhlak manusia terhadap diri sendiri, akhlak guru dan
murid, akhlak manusia terhadap orang lain, macam- macam akhlak terpuji.
Relevansi akhlak anak dalam kitab Bidayatul Hidayah dengan tujuan pendidikan
Islam dilihat dari segi aspek- aspek tujuan pendidikan Islam, yaitu (1).Aspek
jasmaniyang mana dalam kitab Bidayatul Hidayah juga dijelaskan bagaimana
adab kita ketika makan, minum, tidur, menjaga kebersihan, (2). Aspek ruhani,
dalam kitab Bidayatul Hidayah dikaitkan dengan ketaqwaan kepada Allah swt.
(3). Aspek akal yang berkaitan dengan akhlak tercela dan akhlak terpuji, yang
mnausia harus pandai- pandai memilah mana yang baik dan mana yang buruk, (4).
Aspek sosialyang dalam kitab Bidayatul Hidayah dikaitkan dengan adab kita
terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:29
Last Modified: 23 Nov 2020 17:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11553

Actions (login required)

View Item View Item