Analisis Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penyaluran Produk Pembiayaan Mikro 200 iB Melalui Media Sosial Di Bank BRI Syariah KCP Ngawi

Zulfa, Faizatul (2020) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penyaluran Produk Pembiayaan Mikro 200 iB Melalui Media Sosial Di Bank BRI Syariah KCP Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
FAIZATUL ZULFA SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zulfa, Faizatul. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Peningkatan Penyaluran Produk
Pembiayaan Mikro 200 iB Melalui Media Sosial. Skripsi. 2020. Jurusan
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Lutfhi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Promosi, facebook, Instagram, twitter.
Pembiayaan mikro kini menjadi produk pinjaman utama yang paling banyak
digunakan nasabah bank, apalagi pengelolaannya menggunakan prinsip syariah. Bank
BRI Syariah KCP Ngawi menawarkan beberapa produk mikro seperti mikro 75 iB
dan 200 iB. Dari kedua produk mikro tersebut produk mikro 200 iB merupakan
produk yang mempunyai jumlah nasabah sedikit, hal ini berarti produk mikro 200 iB
kurang diminati oleh masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimana bauran pemasaran dalam peningkatan penyaluran produk pembiayaan
mikro 200 iB melalui media sosial di Bank BRI Syariah KCP Ngawi dan bagaimana
bauran pemasaran terhadap manfaat promosi dalam penggunaan media sosial pada
bank BRI Syariah KCP Ngawi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data menggunakan
wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh maka peneliti menganalisisnya
dengan analisis data menggunakan metode analisis deduktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan penyaluran
produk pembiayaan mikro 200 iB melalui media sosial di Bank BRI Syariah KCP
Ngawi, dalam pelaksanaannya sudah dilakukan akan tetapi kurang begitu optimal
karena masih jarang sekali digunakan oleh pihak marketing, karena kurang adanya
evaluasi dari pihak bank. hal inilah yang harus ditingkatkan oleh pihak Bank.
Sedangkan manfaat dari penggunaan media sosial adalah membangun hubungan,
membangun merek, publisitas, dan riset pasar. Pada riset pasar penggunaan media
sosial belum begitu diketahui oleh masyarakat tentang produk bank. Seharusnya
pihak Bank BRI Syariah KCP Ngawi dalam melakukan promosi melalui media sosial
memberikan fitur-fitur yang menarik pada setiap iklan yang ditampilkan dan
memberikan penjelasan yang jelas agar masyarakat juga dapat memahami apa yang
dipromosikan oleh pihak Bank BRI Syariah KCP Ngawi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:28
Last Modified: 23 Nov 2020 17:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11552

Actions (login required)

View Item View Item