URGENSI KETELADANAN PELATIH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANGGOTA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI KOMISARIAT IAIN PONOROGO

Huda, Miftakul (2020) URGENSI KETELADANAN PELATIH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANGGOTA PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DI KOMISARIAT IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
MIFTAKUL HUDA.pdf

Download (913kB) | Preview

Abstract

Huda, Miftakul. 2020. Urgensi Keteladanan Pelatih Dalam Pembentukan Akhlak Anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Di Komisariat IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kadi M.Pd,I

Kata Kunci: keteladanan, Akhlak.

Keteladanan adalah hal yang paling penting untuk di miliki setiap pelatih Persaudaraan Setia Hati Terate, karena anggota akan meneladani dari keteladanan setaip pelatihnya. Seiring berjalanya organisasi banyak pelatih yang tidak menerapkan keteladanan kepada anggotanya, hal ini terjadai karena adanya geseran di dalam organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate. Hal yang sama juga terjadi di Komisariat IAIN Ponorogo sebagian pelatih tidak mencerminkan berprilaku yang disiplin terhadap anggota karena adanya sebagian pelatih yang melanggar ketentuan tata tertib AD/ART Bab IV Pasal 13. salah satunya yaitu sebagian pelatih terlambat datang di tempat latian, hal tersebut menimbulkan tidak kedisplinan waktu. Selain itu juga ada yang tidak berpaikan sacral lengkap. Mengingat pelatih itu sosok figur yang sangat berpengaruh dalam pembentukan dan pembinaan akhlak terhadap anggota, maka sangat diperlukan keteladanan yang baik dari seorang pelatih.
Adapun tujuan penelitian ini untuk; (1) mengetahui faktor yang mempengaruhi pelatih tidak menerapkan keteladanan kepada anggota PSHT Komisariat IAIN Ponorogo. (2) mengetahui implikasi keteladanan pelatih terhadap akhlak anggota PSHT Komisariat IAIN Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, serta Pengumpulan data menggunakan teknik mewawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan teknik analisis data Miles serta Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) Faktor yang mempengaruhi pelatih tidak menerapakan keteladanan, ada dua faktor; a). faktor internal, yaitu; yang ada pada diri pelatih itu sendiri, kurangnya kesiapan dalam melatih, dan kurangynya pengalaman dalam melatih. b). faktor eksternal, yaitu; banyak warga PSHT yang bergabung di PSHT Komisariat IAIN Ponorogo, dan meliliki budaya yang berbeda-beda dari setiap pelatih. (2) Implikasi keteladanan pelatih yang kurang baik membuat anggota berprilaku tidak sopan santun, berpakaian tidak baik dan sebagian anggota tidak berakhlak terpuji di lingkungan kampus maupun di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 17:24
Last Modified: 23 Nov 2020 17:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11549

Actions (login required)

View Item View Item