Perilaku Bikers Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Community Vixion Reyog di Ponorogo)

Albana, Mochammad Iqbal (2020) Perilaku Bikers Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Community Vixion Reyog di Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MOCHAMMAD IQBAL ALBANA E-THESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Albana, Mochammad Iqbal, 2020. Perilaku Bikers Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Community Vixion Reyog di Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, M.EI.
Kata kunci/Keyword: Perilaku Konsumsi Islami, Modifikasi, Maslahah.

Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi kegiatan modifikasi bikers Community Vixion Reyog di Ponorogo yang merubah bentuk tampilan motor dengan cara mengganti bagian-bagian motor standar pabrik lalu menggantinya dengan barang-barang modifikasi seperti ban berukuran lebih kecil yang tidak sesuai aturan karena jauh di bawah ukuran standar pabrikan. Dalam praktiknya, perilaku konsumi Islami tidak diterapkan karena memprioritaskan kesenangan daripada kebutuhan dalam melakukan modifikasi. Selain itu modifikasi yang berlebihan (israf), seperti penggunaan ban berukuran kecil sebagai bagian dari modifikasi juga kurang memperhatikan maslahah karena dapat mengurangi keselamatan pengendara. Serta maslahah yang belum maksimal karena tidak melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan secara rutin atau terus-menerus. Berangkat dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian dengan judul Perilaku Bikers Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Community Vixion Reyog di Ponorogo).

Rumusan masalah dalam penelitian: 1) Bagaimana perilaku konsumsi bikers dalam perspektif ekonomi Islam pada Community Vixion Reyog di Ponorogo? 2) Bagaimana perilaku sosial bikers dalam perspektif ekonomi Islam pada Community Vixion Reyog di Ponorogo?

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Perilaku konsumsi Islam belum diterapkan oleh bikers Community Vixion Reyog Ponorogo karena masih cenderung berorientasi pada kesenangan semata daripada kebutuhan dan modifikasi berlebihan dengan menggunakan part-part modifikasi yang tidak sesuai aturan dan mengurangi mashlahah karena dapat membahayakan keselamatan. 2) Dalam konteks pelaksanaan kegiatan komunitas, Community Vixion Reyog Ponorogo belum maksimal dalam melakukan kegiatan sosial-kemasyarakatan karena kegiatan tersebut tidak menjadi kegiatan rutin dan sudah tidak dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:08
Last Modified: 23 Nov 2020 06:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11539

Actions (login required)

View Item View Item