Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Penanaman Akidah dan Pengembangan Akhlakul Karimah Siswa di Era Digital (Studi Kasus di MA Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun)

Agustin, Riska Triya (2020) Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Penanaman Akidah dan Pengembangan Akhlakul Karimah Siswa di Era Digital (Studi Kasus di MA Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUS_RISKA TRIYA AGUSTIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Agustin, Riska Triya. 2020. Upaya Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Penanaman Akidah dan Pengembangan Akhlakul Karimah Siswa di Era Digital. (Studi Kasus di MA Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun). Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I
Kata kunci: Upaya Guru, Penanaman Akidah, Pengembangan Akhlakul Karimah, Era Digital.
Era digital secara keseluruhan merevolusi cara untuk melakukan apapun yang diinginkan, khususnya bersosialisasi. Kemunculan perangkat internet di era digital sendiri sesungguhnya bersifat netral, positif dan negatif tergantung dari pemanfaatannya dari si pemakai itu sendiri. Akibat dampak yang ditimbulkan dalam era digital ini adalah anak sulit dipisahkan dengan gadget, sehingga perlu adanya upaya untuk menanamkan akidah dan pengembangan akhlakul karimah kepada peserta didik. Karena penanaman akidah dan akhlak sangat penting dalam membekali peserta didik untuk pengetahuan agamanya, supaya tidak tersesat dalam perkembangan zaman saat ini. Pada saat ini, siswa di MA Miftahul Ulum Kradinan Dolopo Madiun memiliki akidah dan akhlakul karimah yang kurang, sehingga pihak guru memberikan upaya penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah siswa di era digital.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengungkap upaya guru dalam proses penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah. (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan dampak dari upaya guru akidah akhlak dalam penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah terhadap akidah dan akhlak. (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Upaya guru dalam proses penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah siswa antara lain memberikan motivasi mengenai akhlak, menerapkan kegiatan di luar jam pelajaran seperti: shalat dhuha berjamaah, muhadharah, qiro’, dll. penerapan strategi dalam pembelajaran, memberikan hukuman/ punishment. (2) Dampak dari upaya guru akidah akhlak dalam penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah terhadap akidah dan akhlak siswa adalah berdampak positif terhadap perkembangan akidah dan akhlak peserta didik. Karena sebelum adanya upaya yang dilakukan guru, peserta didik belum menerapkan akidah dan akhlak dengan baik seperti: selalu melanggar tata tertib madrasah, tidak sopan terhadap bapak ibu guru, tidak berpakaian rapi saat berada di lingkungan madrasah, tidak punya rasa sopan dengan teman sebaya. Dengan adanya upaya tersebut peserta didik menjadi lebih baik dengan menerapkan akidah dan akhlaknya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: peserta didik dapat mengamalkan dan memperdalam akidah dan akhlak terpuji dalam kehidupannya di dalam madrasah maupun di luar madrasah seperti: berpakaian sopan dan rapi, patuh terhadap bapak ibu guru, adab bergaul dengan teman sebayanya baik. (3) Pendukung dan penghambat upaya guru dalam penanaman akidah dan pengembangan akhlakul karimah siswa. Faktor pendukung meliputi: pihak madrasah, orang tua, serta guru BK. Sedangkan faktor penghambat adalah pihak internal, pihak yang berada di dalam lingkungan madrasah yaitu peserta didik dan pihak eksternal adalah pihak yang berada di luar lingkungan madrasah yaitu pihak kantin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 06:07
Last Modified: 23 Nov 2020 06:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11538

Actions (login required)

View Item View Item