Peran Kegiatan Mukhadoroh Dalam Menumbuhkan Kemampuan Retorika Siswi Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo

Putra, Rizaldi Pratama (2020) Peran Kegiatan Mukhadoroh Dalam Menumbuhkan Kemampuan Retorika Siswi Madrasah Aliyah Putri Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316031 RIZALDI PRATAMA PUTRA.pdf

Download (568kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratama Putra, Rizaldi. 2020. Peran Kegiatan Mukhadoroh Dalam Menumbuhkan Kemampuan Retorika Siswi Madrasah Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peran, Kegiatan Mukhadoroh, Kemampuan Retorika, Siswi Madrasah Aliyah.
Bahasa merupakan alat bicara dalam sebuah komunikasi. Semua orang dapat berbicara, tetapi tidak semua orang dapat mempengaruhi seseorang menggunakan bahasanya. Dalam hal ini ada istilah retorika yang merupakan seni berbicara yang dapat dimiliki melalui adanya pembelajaran, latihan dan pengalaman. Salah satu latihan dalam upaya menumbuhkan kemampuan retorika adalah kegiatan Mukhadoroh. Kegiatan Mukhadoroh merupakan wadah untuk menampung dan mengembangkan potensi yang membekali seseorang untuk memperoleh kemampuan untuk tampil di depan umum.
Tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) Untuk mengambarkan pelaksanaan kegiatan Mukhadoroh dalam menumbuhkan kemampuan retorika siswi madrasah aliyah putri ma’arif ponorogo. (2) Untuk menampilkan dampak kegiatan Mukhadoroh dalam menumbuhkan kemampuan retorika siswi ma putri ma’arif ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kegiatan Mukhadoroh di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo dilaksanakan setiap satu bulan sekali dan terprogram menyesuaikan kegiatan madrasah oleh anggota OSIS dibawah tanggungjawab Bagian Kesiswaan. Semua siswi mendapatkan kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakatnya melalui kegiatan Mukhadoroh. Kendala Mukhadoroh dapat diselesaikan melalui koordinasi, sedangkan evaluasi kegiatan Mukhadoroh dilakukan setiap di penghujung acara. (2) Pertumbuhan kemampuan retorika di Madrasah Aliyah Putri Ma’arif Ponorogo adalah retorika jenis dialektika. Retorika dialektika yang berkembang adalah kemampuan siswi untuk mempengaruhi pendengar dalam penampilan pidato, pembawa acara dan hiburan. Selain itu peran kegiatan Mukhadoroh dalam kemampuan retorika juga muncul dalam proses pembelajaran, dimana terdapat adanya peningkatan keberanian menjawab pertanyaan dan mengutarakan pendapat, serta dapat memilih penggunaan kata dalam berbahasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:48
Last Modified: 23 Nov 2020 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11529

Actions (login required)

View Item View Item