Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Di Smpn 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Cholimah, Rizki Ucik Nur (2020) Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Vii Di Smpn 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RIZKI UCIK NUR CHOLIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cholimah, Rizki Ucik Nur. 2020. Pengaruh Pemberian Tugas Terstruktur dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 4 Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Harjali, M.Pd.

Kata Kunci: Tugas Terstruktur, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajar

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh banyak hal, seperti media pembelajaran yang kurang efektif, strategi dan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru kurang tepat, kurangnya guru dalam memotivasi siswa, atau juga karena pendekatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Di SMPN 4 Ponorogo terutama pada siswa kelas VII masih terdapat siswa yang memiliki nilai di bawah rata-rata. Hal tersebut disebabkan siswa terlalu menganggap bahwa tugas merupakan suatu bebab, sehingga mereka merasa bosan dengan mengerjakan tugas yang diberikan.
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menjelaskan pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 4 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020, (2) menjelaskan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 4 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020, (3) menjelaskan pengaruh pembeian tugas terstruktur dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 4 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Anova Satu Jalan dan Uji Anova Dua Jalan.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa; (1) terdapat pengaruh pemberian tugas terstruktur terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,003, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000, (3) terdapat pengaruh pemberian tugas terstruktur dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 4 Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 dengan perolehan nilai signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:02
Last Modified: 31 May 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11528

Actions (login required)

View Item View Item