(Kesediaan Publikasi blm ada, kata pengantar, motto persembahan, transliserasi tdk perlu di upload, silakan upload ulang sesuai kaidah)..Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Hasil Pertanian Pada Anggota Kelompok Tani Among Tani Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan

Ikhsan, Mukhamad Mulazimul (2020) (Kesediaan Publikasi blm ada, kata pengantar, motto persembahan, transliserasi tdk perlu di upload, silakan upload ulang sesuai kaidah)..Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Hasil Pertanian Pada Anggota Kelompok Tani Among Tani Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Mukhamad Mulazimul Ikhsan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Ikhsan, Mukhamad Mulazimul. Analisis Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Hasil Pertanian Pada Anggota Kelompok Tani Among Tani Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan
Kata kunci: Etika Bisnis Islam, Etika Distribusi Islam, Penentuan Harga

Kelompok tani Among Tani di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo merupakan petani yang melakukan pendistribusian hasil pertanian dengan cara menjual kepada pengepul, penjual di Pasar dan beberapa perorangan lainnya yang juga bersedia membeli hasil pertanian mereka. Mereka akan membawa sampel barang saat penentuan harga dan setelah ditentukan harganya mereka akan Kembali dan siap untuk mendistribusikan barang kepada pembeli hasil pertanian mereka.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap praktik jual beli hasil pertanian pada anggota kelompok tani Among Tani Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan? Bagaimana analisis etika bisnis Islam terhadap penentuan harga dalam praktik jual beli hasil pertanian pada anggota kelompok tani Among Tani Di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan termasuk penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan pada anggota kelompok tani Among Tani di Dusun Glagahombo Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para anggota kelompok tani Among Tani telah melakukan perbuatan yang melanggar prinsip etika distribusi dalam Islam terhadap jual beli hasil pertanian yaitu prinsip keadilan dan ketetapan waktu dan kualitas. Karena dicurangi atau ditipu, ada sesuatu yang tidak diketahui salah satu pihak. namun dalam penentuan harga sudah sesuai dengan prinsip penentuan harga dalam etika bisnis Islam yaitu ketetapan harga dan adil. Karena mereka akan bernegoisasi untuk menentukan kesepakatan harga jual hasil pertanian tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LUTHFI HADI AMINUDDIN
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:52
Last Modified: 23 Nov 2020 03:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item