Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pedagang Kuliner Di Ponorogo Bermitra Dengan Grab

Sari, Dina Nofia (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pedagang Kuliner Di Ponorogo Bermitra Dengan Grab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DINA NOFIA SARI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sari. Dina Nofia 2020. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pedagang Kuliner Di Ponorogo Bermitra Dengan Grab.” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Maulida Nurhidayati, M. Si.,

Kata kunci: Persepsi, Motivasi, Sosial, Demografi

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi pada pedagang kuliner di Ponorogo yang bermitra dengan aplikasi ojek online atau grab. Di temukan fakta menarik dari para pedagang yang sudah bermitra dengan grab ternyta usaha yang dijalankannya tidak mengalami perubahan yang meningkat setelah bermitra dengan grab. Ada juga pedagang yang mengalami peningkatan pasca bermitra dengan grab tetapi membutuhkan proses yang lama untuk membuat kualitas outlet bagus pada aplikasi grab. Selain itu sebagian penjual kuliner yang mempunyai kualitas baik di pasaran justru tidak bermitra dengan grab. Keadaan ekonomi dan jumlah pembeli offline yang terlalu banyak sehingga mereka tidak berfikir untuk bermitra dengan grab. Sehingga perlu diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan pedagang kuliner di Ponorogo bermitra dengan grab? Dan (2) Faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan pedagang kuliner di Ponorogo bermitra dengan grab?

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan metode analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat faktor yang mempengaruhi keputusan pedagang. Enam faktor yang terbentuk, yaitu pertama faktor individu, faktor kedua adalah motivasi, faktor ketiga pendapatan, faktor keempat masyarakat, faktor kelima teknologi dan faktor keenam adalah faktor minat. Serta faktor paling dominan yang dapat mempengaruhi keputusan pedagang kuliner di Ponorogo bermitra dengan grab adalah faktor individu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:49
Last Modified: 23 Nov 2020 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11520

Actions (login required)

View Item View Item