Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo

Saputro, Ramdhan Rio Cahyo (2020) Analisis Gaya Kepemimpinan dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716053_Ramdhan Rio Cahyo Saputro.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saputro, Ramdhan Rio Cahyo, 2020. Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam meningkatkan Efektivitas Kinerja Karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo, Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag., M. S. I.
Kata kunci :Gaya Kepemimpinan, Dampak Gaya Kepemimpinan, Kinerja Karyawan
Doremi Home Music Course Ponorogo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu les musik. permasalahan kepemimpinan menjadi hal yang penting untuk diketahui dengan adanya gaya kepemimpinan diharapkan ada penerapan berupa keterbukaan dan komunikasi yang harmonis antara pimpinan dan karyawan. Permasalahan muncul dari gaya kepemimpinan di Doremi Home Music Course Ponorogo yang terlalu dominan dan seringkali kurang mendengarkan masukan dari karyawan sehingga berdampak pada kinerja karyawan.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana analisis gaya kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo dan dampak gaya kepemimpinan dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan di Doremi Home Music Course Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian kasus dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada Doremi Home Music Course Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan di Doremi Home Music Course Ponorogo menerapkan gaya kepemimpinan campuran yaitu gaya otokratik, partisipatif dan transaksional. Hal ini dinilai dari beberapa indikator seperti: kemampuan pengambilan keputusan, kemampuan memotivasi, kemampuan mengendalikan bawahan, kemampuan komunikasi, tanggung jawab dan kemampuan mengendalikan emosi. Sedangkan dampak dari gaya kepemimpinan terhadap efektivitas kinerja karyawan bisa dilihat dari lima indikator: kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, efektivitas, kemandirian. Dari kelima indikator tersebut kualitas, kuantitas, dan efektivitas sudah baik namun segi ketepatan waktu dan kemandirian masih kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:44
Last Modified: 23 Nov 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item