Analisis Dampak Relokasi Pasar Songgolangit Terhadap Distribusi Kesejahteraan Ekonomi Pedagang

Pramono, pramono (2020) Analisis Dampak Relokasi Pasar Songgolangit Terhadap Distribusi Kesejahteraan Ekonomi Pedagang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pramono, Analisis Dampak Relokasi Pasar Songgolangit Terhadap Distribusi Kesejahteraan Ekonomi Pedagang.
Kata kunci: lokasi, sarana, prasarana, fasilitas, letak, lokasi.
Kesejahteraan dapat diartikan sebagai kondisi terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan seseorang sesuai dengan standar yang berlaku di lingkungannya. Pada tahun 2017 pasar Songgolangit mengalami kebarakan yang mengakibatkan seluruh lapak yang ada didalamnya hangus tak tersisa, meskipun ada yang tersisa akan tetapi sudah tidak bisa digunakan kembali. Pemerintah kota Ponorogo dalam menangani kejadian ini akhirnya memutuskan untuk memindahkan sementara para pedagang di Rumah Sakit lama yang berada jalan Dr. Cipto Mangunkusumo. Setelah selang beberapa waktu para pedagang dipindahkan ada beberapa dampak yang dirasakan oleh mereka, seperti pendpatan menurun, lokasi jauh dari pusat kota maupun jalan raya atau jalan besar, sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Dampak Relokasi Pasar Songgolangit Terhadap Distribusi Kesejahteraan Ekonomi Pedagang.. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan relokasi pasar Songgolangit? (2) Bagaimana kritikan relokasi pasar Songgolangit? (3) Bagaimana dampak relokasi pasar Songgolangit?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triangulasi yakni penggabungan antara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah pedagang di pasar Songgolangit. Peneliti menemukan 7 orang informan untuk bahan penelitian. Teknik pengolahan data yakni mereduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan atau verivikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan relokasi pasar Songgolangit yakni relokasi pasar songgolangit sudah dilaksanakan meskipun awalnya beberapa pedagang sempat menolak akan tetapi pada akhir mereka menyetujui untuk dipindahkan kelokasi pasar sementara. Kemudian mayoritas pedagang setelah adanya relokasi ini mengeluhkan adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai, lokasi blok atau lapak bercampuran serta lokasi pasar sementara yang jauh dari keramaian atau terlalu masuk kedalam gang bukannya dipinggir kota seperti dulu lagi. Mayoritas pedagang mengalami dampak negative seperti penurunan pendapatan dibandingan sebelum terjadinya kebakaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: iza hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:41
Last Modified: 23 Nov 2020 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11515

Actions (login required)

View Item View Item