Analisis Perilaku Konsumtif Santriwati Pondok Pesantren Al Fatimah Darussalam Mekar Agung Pucanganom Kebonsari Madiun dalam Perspektif Ekonomi Islam

Rosyida, Fikriya Ilma (2020) Analisis Perilaku Konsumtif Santriwati Pondok Pesantren Al Fatimah Darussalam Mekar Agung Pucanganom Kebonsari Madiun dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
fikriya fix jadi1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosyida, Fikriya Ilma. 2020. Analisis Perilaku Konsumtif Santriwati Pondok Pesantren Al Fatimah Darussalam Mekar Agung Pucanganom Kebonsari Madiun dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Perilaku Konsumtif, Santriwati, Pondok Pesantren dan Ekonomi Islam.
Perilaku konsumtif adalah suatu tindakan mengkonsumsi suata barang atau jasa secara berlebihan tanpa adanya suatu pertimbangan yang sering di kalangan remaja. Salah satu fenomena di Pondok pesantren Al-Fatimah Darussalam Mekar Agung sangat menarik untuk diteliti karena seorang santri seharusnya memiliki sifat sederhana dan tidak berlebihan dalam kehidupannya padahal sudah ada aturan dari pondok pesantren tapi belum dijalankan dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis perilaku konsumtif santriwati Al-Fatimah Darussalam Mekar Agung Pucanganom Kebonsari Madiun dalam perspektif ekonomi Islam, dan apa faktor yang melatarbelakangi perilaku konsumtif santriwati Al-Fatimah Darussalam Mekar Agung Pucanganom Kebonsari Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji kredibilitas. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Perilaku konsumtif santriwati Al-Fatimah Darusalam Mekar Agung dapat dilihat dari lima prinsip konsumsi Islam. Dari kelima prinsip tersebut terdapat kesenjangan antara teori dan praktek pada prinsip kesederhanaan dan prinsip moralitas.. prinsip kesederhanaan, santriwati mekakukan konsumsi berlebihan yang dapat menimbulkan sifat isrâf dan tabdzîr. Sedangkan prinsip moralitas, santriwati al-fatimah tidak begitu memperhatikan aturan pondok, mereka lebih suka makan diluar pondok daripada di dalam pondok, mereka juga membawa baju lebih dari 4 setel, dan uang saku setiap bulannya lebih dari Rp. 500.000,-. Hal ini membuat santriwati Al-Fatimah memiliki perilaku konsumtif karna sama saja hanya memburu kepuasan, kenikmatan, dan kebahagiaan semata. Sedangkan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif santriwati Al-Fatimah ada faktor budaya yaitu budaya santriwati yang suka belanja, faktor sosial meliputi kelompok referensi, keluarga dan peran status sosial, sedangkan faktor pribadi meliputi keadaan ekonomi dan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:29
Last Modified: 23 Nov 2020 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11512

Actions (login required)

View Item View Item