korelasi strategi pembelajaran cooperative learning (manurawa sampok) dan motivasi siswa dengan prestasi belajar aksara jawa pada siswa kelas iv mi mayak ponorogo tahun ajaran 2019/2020

kuliyati, makfiatul (2020) korelasi strategi pembelajaran cooperative learning (manurawa sampok) dan motivasi siswa dengan prestasi belajar aksara jawa pada siswa kelas iv mi mayak ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ETHESES MAKFIATUL KULIYATI_1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kuliyati, Makfiatul. 2020. Korelasi Strategi Pembelajaran Cooperative Learning (Manurawa Sampok) dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Aksara Jawa pada Siswa Kelas IV MI Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.
Kata Kunci: Cooperative Learning, Manurawa Sampok, Motivasi, Prestasi Belajar.
Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu kegiatan pembelajaran yang disertai perubahan yang dicapai seseorang (siswa) yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat sebagai ukuran tingkat keberhasilan siswa dengan standarisasi yang telah ditetapkan dan menjadi kesempurnaan bagi siswa baik dalam berpikir dan berbuat. Pencapaian prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal atau eksternal, diantara faktor tersebut adalah strategi pembelajaran dan motivasi siswa. Studi pendahuluan di MI Ma’arif Mayak terlihat beberapa siswa enggan memperhatikan guru ketika menjelaskan materi pembelajaran dikarenakan penggunakan strategi yang monoton dan membosankan. Untuk menyikapi hal tersebut maka dibutuhkan strategi yang baik dan menarik, sebab dengan adanya strategi yang baik dan menarik dapat diharapkan mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Selain itu, motivasi siswa terhadap pembelajaran merupakan kekuatan yang akan mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Motivasi siswa yang kuat cenderung memperoleh prestasi belajar yang tinggi, sebaliknya motivasi siswa yang rendah akan meperoleh prestasi belajar yang rendah.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi cooperative learning (manurawa sampok) pada mata pelajaran aksara Jawa siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (2) Untuk mengetahui motivasi siswa pada mata pelajaran aksara Jawa siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (3) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aksara Jawa siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (4) Untuk mengetahui ada atau tidaknya korelasi yang signifikan antara strategi cooperative learning (manurawa sampok) dan motivasi siswa dengan prestasi belajar aksara Jawa siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, dan uji normalitas menggunakan Lillieforss, untuk mengetahui penentuan kategori menggunakan standar deviasi, sedangkan untuk menganalisa data yang digunakan adalah rumus korelasi berganda (multiple correlation).
Dari hasil analisa data ditemukan: 1) strategi cooperative learning (manurawa sampok) kelas IV dalam kategori cukup sebanyak 40 siswa dengan presentase 67%, 2) motivasi siswa kelas IV dalam kategori cukup sebanyak 36 siswa dengan presentase 60%, 3) prestasi belajar siswa kelas IV dalam kategori cukup sebanyak 43 siswa dengan presentase 71%, 4) diperoleh Fhitung = 728,697 dan Ftabel = 3,15. Maka Fhitung > Ftabel yang artinya Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat korelasi antara strategi cooperative learning (manurawa sampok) dan motivasi siswa dengan prestasi belajar aksara Jawa siswa kelas IV tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: kurnia hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:18
Last Modified: 23 Nov 2020 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item View Item