Gaya Bahasa Dakwah Dalam Novel Islammu Adalah Maharku Karya Ario Muhammad

Arum, Rochma Mudinar (2020) Gaya Bahasa Dakwah Dalam Novel Islammu Adalah Maharku Karya Ario Muhammad. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
etheses Rochma.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci: Gaya Bahasa, Dakwah, Novel Islammu adalah Maharku.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta tentang dakwah dengan beberapa media yang salah satunya media cetak. Media cetak dalam dakwah merupakan salah satu media yang sangat diperlukan pada masa ini ataupun masa yang akan datang. Novel termasuk salah satu media cetak yang sekarang ini banyak digunakan para penulis untuk menyampaikan pesan dakwahnya. Novel merupakan karya sastra yang banyak digemari saat ini. Unsur-unsur novel juga ikut membantu keberhasilan penyampaian novel tersebut. Salah satu unsurnya adalah gaya bahasa. Novel yang memiliki gaya bahasa dakwah adalah novel karya Ario Muhammad yang berjudul Islammu adalah Maharku.
Oleh karenanya, rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana gaya bahasa dakwah dalam novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad. Adapun tujuan penelitian ialah untuk menjelaskan gaya bahasa dakwah yang terdapat dalam novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menganalisis gaya bahasa dakwah dalam novel Islammu adalah Maharku. Penelitian ini mendapatkan data tersebut dari hasil kepustakaan (library research).
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat enam gaya bahasa dakwah dalam novel Islammu adalah Maharku karya Ario Muhammad, yaitu: [a] pendidikan dan pengajaran (ta’līm dan tarbiyah), [b] pengingatan dan penyegaran kembali (tadhkīr dan tanbīh), [c] menggemarkan manusia pada amal shalih dan menampilkan berita gembira (targhīb dan tabshīr), [d] penakutan dan penampilan berita siksa (tarhīb dan indhār), [e] penampilan cerita masa lalu (qaṣaṣ dan riwāyah), [f] perintah berbuat kebaikan dan larangan berbuat keburukan (amr dan nahy).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Choirul Rofiq
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:12
Last Modified: 23 Nov 2020 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11508

Actions (login required)

View Item View Item