Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Pemberian Reward- Punishment terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Bendo Magetan

Wardani, Virda (2020) Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Pemberian Reward- Punishment terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 2 Bendo Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI VIRDA WARDANI UPT PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardani, Virda. 2020. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Pemberian Reward- Punishment terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Bendo Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata kunci: Gaya Mengajar Guru, Pemberian Reward- Punishment, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI
Minat adalah perasaan menyukai dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Dalam hal ini besar kecilnya minat sangat tergantung pada penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar dirinya itu. Sehingga semakin kuat atau dekat hubungan tersebut maka semakin besar pula minatnya. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa siswa kelas VII di SMPN 2 Bendo Magetan masih dikategorikan rendah dalam hal minat belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut guru sangatlah berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Semakin variatif gaya mengajar guru maka semakin tinggi minat belajar siswa dan sebaliknya. Selain itu untuk meningkatkan minat belajar siswa dapat melakukan penerapan reward- punishment yang dilakukan dengan tepat dan berpedoman pada prinsip- prinsip penggunaannya agar sejalan dengan tujuan penguatan yaitu meningkatkan minat belajar siswa.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan; (2) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward- punishment terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan; (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru dan pemberian reward- punishment terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan regresi berganda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Gaya mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan sebesar 49,4% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (2) Pemberian reward- punishment berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan sebesar 53,7% dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05; (3) Gaya mengajar guru dan pemberian reward- punishment berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa pada mapel PAI kelas VII SMPN 2 Bendo Magetan dengan sebesar 60,1% dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan Fhitung sebesar 33.170.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:03
Last Modified: 23 Nov 2020 02:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11506

Actions (login required)

View Item View Item