(Lampiran, kata pengantar, motto, persembahan tdk perlu di upload, Kesediaan Publikasi Belum ada..SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Cengkeh Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

Rahayu, Sri (2020) (Lampiran, kata pengantar, motto, persembahan tdk perlu di upload, Kesediaan Publikasi Belum ada..SILAKAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)..Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga Jual Terhadap Pendapatan Petani Cengkeh Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi upoad e-theses.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahayu, Sri. 2020. Pengaruh Biaya Produksi Dan Harga jual Terhadap Pendapatan Petani Cengkeh Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Dwi Setya Nugrahini. M.Pd.
Kata Kunci: Biaya Produksi, Harga Jual, Pendapatan
Pembangunan sektor pertanian didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan sumber daya alam. Diantara sumber daya alam yang mampu dimanfaatkan yaitu tanaman cengkeh. Salah satu wilayah tempat perkebunan cengkeh terdapat di Kabupaten Pacitan tepatnya di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Pengembangan cengkeh di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan lebih diarahkan kepada perkebunan rakyat. Pendapatan petani cengkeh menurun karena harga jual dan produktivitas pohon cengkeh rendah, serta dalam pemeliharaan pohon cengkeh sendiri petani cengkeh memerlukan dana yang tinggi.Penelitian ini berjudul pengaruh biaya produksi dan harga jual terhadap pendapatan petani cengkeh Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan, memiliki tujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh biaya produksi dan harga jual terhadap pendapatan petani cengkeh Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan.
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yatu seluruh petani cengkeh di Desa Wonokarto Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan yang berjumlah 2.489 kepala keluarga. Penentuan sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 kepala keluarga petani cengkeh. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biaya produksi memiliki nilai thitung >nlai ttabel (3,331>1,661) dengan signifikan 0,001> 0,05, Sementara variabel harga jual memiliki nilai thitung >nlai ttabel (2,238> 1,661). Maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial biaya produksi (X1) dan harga jual (X2) mempengaruhi secara signifikan terhadap pendapatan (Y). Dari uji simultan (uji F) nilai fhitung sebesar 16,528 > ftabel 3,09 dengan nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 berarti signifikan (sig) > 0,05 maka hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat signifikan yang terjadi karena pengaruh biaya produksi (X2) dan luas lahan (X2) terhadap pendapatan (Y). Sedangkan, koefisien determininasi R2 sebesar 0,262 yang mempunyai arti bahwa pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 26,2 % sedangkan sisanya 73,8 % dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dwi Setya Nugrahini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:43
Last Modified: 23 Nov 2020 03:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11495

Actions (login required)

View Item View Item