Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2016

Hamim, Ahmad (2020) Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo Angkatan Tahun 2016. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PERPUSTAKAAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kata Kunci : Motivasi, Pengetahuan, Minat Berwirausaha.
Hamim, Ahmad
Motivasi berwirausaha yang memadai akan mendorong mahasiswa untuk berperilaku aktif dalam berwirusaha, motivasi juga berfungsi untuk mempengaruhi minat berwirausaha. Selain motivasi, minat seorang dalam berwirausaha juga dipengaruhi oleh pengetahuan tentang kewirausahaan itu sendiri. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo sebagai fakultas yang memiliki fokus untuk pengembangan wirausaha, materi dan bahan ajarnya mendukung perkembangan wirausaha. Dengan adanya penerapan mata kuliah kewirausahaan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di harapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan motivasi berwirausaha yang tinggi bagi mahasiswa. Namun hal tersebut tidak terjadi pada mahasiswa FEBI angkatan 2016, minat untuk mempraktekan wirausaha dengan modal ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama dibangku perkuliahan masih kurang diminati oleh mahasiswa. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh variabel motivasi dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo angkatan tahun 2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dengan penyebaran angket. Sampel penelitian berjumlah 80 responden mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Ponorogo. Teknik analisis data responden mahasiswa IAIN Ponorogo. Teknik analisis data dengan menggunakan angket, yang menggunakan uji regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS 21. Penelitian ini menggunakan uji validitas, dan realibilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis f.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, motivasi berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dengan nilai signifikansi 0,010 < 0,05, Motivasi dan pengetahuan berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel yaitu 70,363 > 3,12, sehingga Ho3 ditolak Ha3 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa X1 dan X2 berpengaruh secara simultan terhaadap Y. Uji t menunjukkan hasil variabel independent yaitu motivasi dan pengetahuan terhadap variabel dependent yakni minat berwirausaha sebesar 64,6% sedangkan 35,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:13
Last Modified: 23 Nov 2020 03:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item