Implementasi Guru PAI Dalam Menerapkan Budya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 Di SMKN 1 Ponorogo

Rohman, Moh Abdul (2020) Implementasi Guru PAI Dalam Menerapkan Budya Literasi Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 Di SMKN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROHMAN[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohman, Moh Abdul. Implementasi Guru PAI Dalam Menerapkan Budaya Literasi Untuk meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 Di SMKN 1 Ponorogo , Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing. Dr. Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I.

Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Literasi, Minat Membaca
Literasi merupakan kemampuan belajar untuk mengakses ilmu pengetahuan melalui membaca dan menulis. Sebaliknya, literasi berarti kemampuan menggunakan keterampilan membaca dalam hal mendapatkan akses ke dunia pengetahuan, untuk menyintesis informasi dari berbagai sumber, untuk mengevaluasi argument, dan juga belajar subjek yang benar-benar baru. Adapun Kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 di SMKN 1 Ponorogo terdapat budaya literasi pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan minat membaca sebagai sumber untuk mengetahui informasi dan pengetahuan secara luas. Sedangkan implementasi guru PAI dalam menerapkan budaya literasi untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 mempunyai peran yang sangat besar dalam pencapaian prestasi siswa dan dapat diwujudkan melalui guru sebagai penggerak literasi dan sebagai teladan membaca. Membaca adalah suatu metode yang kita gunakan untuk berkomunikasi dengan kita sendiri dan terkadang dengan orang lain yaitu mengomunikasikan makna yang terkandung atau tersirat pada lambang-lambang tertulis. Hal ini sesuai dengan upaya guru PAI dalam menerapkan budaya literasi yang dilakukan untuk menguatkan siswa dalam membaca.
Penelitian ini menjawab rumusan masalah untuk (1) Upaya guru PAI dalam menerapkan budaya literasi untuk meningkatkan minat membaca siswa di SMKN 1 Ponorogo; (2) Bagaimana implikasi adanya budaya literasi di SMKN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian, studi kasus. Adapun teknik yang gunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis yang diberikan Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis disimpulkan bahwa (1) Dalam kegiatan Budaya Literasi pelajaran PAI kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 2 masih belum baik. Dengan perekembangan zaman dimana teknologi semakin canggih, siswa lebih mengedepankan membaca melalui media internet dari pada membaca buku bacaan. Guru PAI sudah mengupayakan dalam meningkatkan minat membaca siswa yang bertujuan untuk mencari informasi, meningkatkan prestasi siswa, mengembangkan pola piker kritis siswa, melek aksara. Guru sebagai penggerak literasi dan teladan dalam membaca memiliki pengelolaan serta manajemen pelaksanan literasi. Guru sudah menyiapkan materi yang akan disampaikan sebelum kegiatan dilaksanakan. Pelaksanaannya yaitu, guru melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan materi. Monitoring, yaitu memantau proses kegiatan yang dilakukan siswa dan mengevaluasi kegiatan yang dilakukan hari ini. (2) Adanya kegiatan Literasi di SMKN 1 Ponorogo secara umum mempunyai pengaruh terhadap siswa dalam mengembangkan potensi siswa yang mencakup kecerdasan intlektual, emosional, sosial, spiritual, bahasa, estetika, dengan daya adaptasi terhadap perkembangan arus teknologi dan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:04
Last Modified: 23 Nov 2020 03:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11484

Actions (login required)

View Item View Item