Implementasi Metode Demonstrasi Dan Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo

Qudwah, Binti (2020) Implementasi Metode Demonstrasi Dan Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS 210316132 BINTI QUDWAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Binti Qudwah.2020. Implementasi Metode Demonstrasi Dan Drill Pada Kegiatan Ekstrakurikuler Hadroh Di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidkan Agama Islam Fakultas Tarbiyah daan Ilmu Keguruan Institus Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Ektrakurikuler Hadroh, Metode Demonstrasi dan Driil
Perkembangan ekstrakurikuler hadroh di Pondok Pesantren Putri Darul Huda Mayak masih belum signifikan karena metode ceramah yang digunakan sebelumnya kurang efisien dan peserta ekstrakurikuler hadroh merasa kesulitan untuk memahami rumus secara mandiri. Begitu juga dengan kurangnya alat elektronik yang tersedia, sehingga perkembangan ide yang dimiliki menjadi monoton karena tidak adanya tolok ukur perkembangan hadroh yang mereka ketahui.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode demonstrasi dan driil pada kegiatan ekstrakurikuler hadroh di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan hasil dari aplikasi metode demonstrasi dan driil pada kegiatan ekstrakurikuler hadroh di Pondok Pesantren Darul Huda Putri Mayak Tonatan Ponorogo.
Untuk itu peneliti melakukan penelitian di Pondok Pesantren Putri Darul Huda Mayak menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadroh dilaksanakan mulai pukul 22.00-23.00. Kegiatan ekstrakurikuler hadroh menggunakan metode demonstrasi dan drill dan materi yang digunakan adalah materi tabuhan banjari, karena tidak rumit dan mudah dalam penyesuaian terhadap lagu. (2) implementasi penggunaan metode demonstrasi yaitu dimulai dengan pelatih menyiapkan bahan materi yang akan disampaikan kepada peserta ekstrakurikuler. dan membuka kegiatan dengan do’a dan tawasul kepada masyayikh, kemudian pelatih mereview materi yang sudah disampaikan untuk merangsang daya fikir peserta ekstrakurikuler dan mengakhiri demonstrasi dengan pemberian tugas untuk dikerjakan di asrama. Implementasi penggunaan metode drill yaitu, pelatih menciptakan suasana yang menarik agar tidak menegangkan dan selesai pemberian materi, pelatih untuk mengulang-ulang materi yang sudah disampaikan. (3) hasil penggunaan metode demonstrasi yaitu lebih paham dengan apa yang disampaikan. Dinamika tabuhannya sudah bagus dan sudah padu, harmonisasi tabuhan sudah enak untuk didengarkan Sedangkan hasil penggunaan metode drill yaitu variasi tabuhan yag didapatkan semakin banyak dan variasi yang diajarkan semakin banyak yang bisa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:53
Last Modified: 23 Nov 2020 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11479

Actions (login required)

View Item View Item