Nilai-Nilai Religiusitas Dalam Shalawat Burdah Karya Imam Syarafuddin Abu 'Abdillah Muhammad Bin Zaid Al-Bushiri Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak

Kartika, Kartika (2020) Nilai-Nilai Religiusitas Dalam Shalawat Burdah Karya Imam Syarafuddin Abu 'Abdillah Muhammad Bin Zaid Al-Bushiri Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak. Doctoral thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _210316123_ KARTIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kartika. 2020.“Nilai-Nilai Religiusitas dalam Shalawat Burdah karya Ima>m Syarafuddi>n Abu> ‘Abdilla>h Muh{ammad Bin Zaid Al-Bu>shi>ri> dan Relevansinya terhadap Pendidikan Akhlak”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Religiusitas. Imam Al-Bu>shi>ri>. Shalawat Burdah. Pendidikan Akhlak.
Penelitian ini di latar belakangi oleh pendidikan akhlak, karena akhlak sangat penting dalam kehidupan sehari-hari bahkan Islam menegaskan akhlak adalah misi yang paling utama. Salah satu sarana mencintai Rasulullah SAW adalah dengan syair shalawat Burdah, hakikatnya telah ada pada zaman Rasulullah SAW karena beliau diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Shalawat burdah yang di tulis oleh Ima>m Al-Bu>shi>ri> merupakan salah satu puisi yang salah satu didalamnya berisi pujian-pujian terhadap terhadap keistimewaan Rasulullah SAW khususnya dalam hal akhlak yang patut ditiru dan diaplikasikan dalam dunia pendidikan saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan lebih dalam tentang nilai-nilai religiusitas dalam syair Shalawat Burdah karya Ima>m Al-Bu>shi>ri>, (2) Mendeskripsikan relevansi nilai-nilai religiusitas dalam syair Shalawat Burdah karya Ima>m Al-Bu>shi>ri> dengan Pendidikan Akhlak.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian library research atau penelitian telaah pustaka. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan teknik pengumpulan data literer yakni penggalian bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan.
Dari hasil penelitian ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Nilai-nilai religiusitas yang terkandung dalam shalawat Burdah karya Ima>m Al-Bu>shi>ri yaitu kecintaan kepada Rasulullah SAW, peringatan akan bahaya hawa nafsu, pujian kepada Nabi Muhammad SAW, maulid Nabi Muhammad SAW, mukjizat Nabi Muhammad SAW, kemuliaan Al-Qur’an, isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, perjuangan Rasulullah SAW, tawassul kepada Nabi Muhammad SAW dan munajat menghadapkan segala hajat. (2) Nilai-nilai religiusitas yang terkandung dalam shalawat Burdah karya Ima>m Al-Bu>shi>ri memiliki relevansi dengan pendidikan akhlak yaitu kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dengan shalat tahajud, pengendalian hawa nafsu dengan menanamkan sifat sabar terhadap maksiat, pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan menanamkan pribadi yang santun dan pemaaf, maulid Nabi Muhammad SAW menanamkan sifat kejujuran dan kerja keras, mukjizat Nabi Muhammad SAW perlunya kesabaran dalam menghadapi sesuatu, keistimewaan Al-Qur’an dengan memiliki kepercayaan terhadap Al-Qur’an, isra’ mi’raj perintah mendirikan shalat dengan benar, istiqomah dan ikhlas, tawassul dan menujat kepada Nabi Muhammad SAW dengan melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya, munajat dan permohonan ampunan dengan melakukan sesuatu harus niat ikhlas.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:35
Last Modified: 23 Nov 2020 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11477

Actions (login required)

View Item View Item