(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN)Implementasi Manajemen Program Full Day School dalam Meningkatkan Mutu Karakter Sosial Siswa (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo)

Pertamasari, Kintan (2020) (GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN)Implementasi Manajemen Program Full Day School dalam Meningkatkan Mutu Karakter Sosial Siswa (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses kintan pertamasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertamasari, Kintan. 2020. Implementasi Manajemen Program Full Day School dalam Meningkatkan Mutu Karakter Sosial Siswa (Studi Kasus di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo). Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid hariyanto, M.Pd
Kata kunci: Manajemen, Full day school, Karakter sosial

Semakin berkembangnya teknologi yang kita rasakan saat ini berdampak terhadap kondisi sosial siswa yang mulai pudar seperti yang membuang sampah sembarangan, tidak mengerti cara mengantre, bersikap acuh tak acuh, bahkan kurang hormat kepada orang tua, dan guru. Oleh karena itu melalui manajemen program full day school yang diterapkan di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo yang mengharuskan siswa berada di madrasah selama 8 jam per hari diharapkan dapat mengembalikan karakter sosial siswa yang muai pudar saat ini.
Tujuan penelitian, 1 Untuk mendeskripsikan perencanaan program full day school dalam meningkatkan mutu karakter sosial siswa di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo; 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program full day school dalam meningkatkan mutu karakter sosial siswa di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo; 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi program full day school dalam meningkatkan mutu karakter sosial siswa di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo; 4. Untuk mendeskripsikan implikasi program full day school dalam meningkatkan mutu karakter sosial siswa di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data dapat disimpulkan:1. Perencanaan program di awali dengan rapat perencanaan, menentukan tujuan, menentukan langkah-langkah yang disesuaikan dengan visi misi madrasah, dan menentukan orang yang bertanggung jawab; 2. Pelaksanaan di mulai pada hari Senin-Jumat dimulai pukul 06:45-16:00, Pada hari sabtu siswa mengikuti ekstrakurikuler dan uji publik dimulai pada pukul 06:45-11:00. Kepala madrasah memberikan motivasi arahan, teguran, dan memberi contoh yang baik; 3. Evaluasi yang dilakukan melalui tahapan yaitu menjaga kontak ssemua stakeholders, membandingkan standar yang ditetapkan sebelumnya, melihat ketercapaian tujuan; 4. Implikasi program full day school yang ada di MI Al Kautsar Durisawo Ponorogo dalam meningkatkan mutu karakter sosial siswa siswa memiliki sikap sopan, kerja sama, menghargai dan menghormati sesama, kepedulian atau solidaritas memiliki sikap tanggung jawab, disiplin. Karena didukung oleh lingkungan madrasah yang yang selalu memberi nasihat, menegur, mengawasi, perilaku dan sikap anak selama di madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2020 03:14
Last Modified: 20 Nov 2020 03:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11475

Actions (login required)

View Item View Item