ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE) TERHADAP PEMASARAN DI RUMAH MAKAN SATE AYAM H. TUKRI SOBIKUN NOLOGATEN PONOROGO

Nasucha, Machfud Shobirin Nasucha (2020) ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE) TERHADAP PEMASARAN DI RUMAH MAKAN SATE AYAM H. TUKRI SOBIKUN NOLOGATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Watermark Upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nasucha, Machfud Shobirin. 2020. Analisis Daur Hidup Produk (Product Life Cycle)Terhadap Pemasaran di Rumah Makan Sate Ayam H. TukriSobikun Nologaten Ponorogo.Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri, MEI.

Kata Kunci: Product Life Cycle, Pemasaran

Daur hidup produk (Product Life Cycle) artinya perjalanan hidup suatu produk sampai ia mati. Umur dari produk sangat tergantung dari strategi yang dijalankan perusahaan. Terkadang umur produk sangatlah singkat dan tidak sedikkit pula ang memiliki umur relatif panjang. Kehidupan suatu produk biasanya diukur dari tingkat penjualan dan laba yang diraih oleh produk tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana analisis daurhidup produk (Product Life Cycle) terhadap produk (product) di rumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo? (2) Bagaimana analisis daur hidup produk (Product Life Cycle) terhadap harga (price) di rumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo? (3) Bagaimana analisis daurhidup produk (Product Life Cycle) terhadap tempat (place) di rumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo? (4) Bagaimana analisis daurhidup produk (Product Life Cycle) terhadap promosi (promotion) diRumah Makan Sate Ayam H. Tukri Sobikun Nologaten Ponorogo?

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Permasalahan pada industri rumah makan sate Tukri H. Sobikun adalah produsen yang tidak melakukan pengembangan ide, inovasi dan kreativitas pada produk sate yang diproduksinya. Selain itu, produsen sate ayam yang pasif dalam melakukan pemasaran produk perlu mengetahui posisi produk sate ayamdalam mengembangkan produknya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa posisi rumah makan sate ayam H. Tukri Sobikun berada pada tahap penurunan, karena beberapa kegiatan pemasaran belum dilakukan secara maksimal dalam mengembangkan rumah makannya, diantaranya tidak melakukan strategi produk, harga, tempat dan promosi. Sehingga, menyebabkan posisi rumah makan ini berada pada tahap penurunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:17
Last Modified: 20 Nov 2020 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11472

Actions (login required)

View Item View Item