Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdit Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Kartikasari, Dian (2020) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdit Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616048_DIAN KARTIKASARI .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kartikasari, Dian. 2020. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika

Pencapaian hasil belajar yang maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Keduanya merupakan faktor yang terdapat didalam diri siswa dan berperan besar dalam menentukan keberhasilan belajar. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional dan motivasi belajar yang baik akan dapat meraih hasil belajar yang maksimal, begitupun sebaliknya. Khususnya pada mata pelajaran matematika tidak sedikit siswa yang menganggapnya sulit. Realitanya di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo masih terdapat sejumlah siswa yang memiliki hasil belajar matematika di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu dibawah 70. Hal tersebut tentunya karena faktor kecerdasan emosional dan motivasi belajar matematika siswa yang kurang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. (2) Pengaruh motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. (3) Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian expost facto. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 121 siswa, sedangkan yang digunakan sebagai sampel berjumlah 46 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik regresi linear sederhana dan regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan: (1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar prosentase pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 adalah 86,1%. (2) Ada pengaruh motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar prosentase pengaruh motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 adalah 95,0%. (3) Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Besar prosentase pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Qurrota A’yun Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020 adalah 95,6%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Nov 2020 02:17
Last Modified: 20 Nov 2020 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11469

Actions (login required)

View Item View Item