Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Produk Tabungan Haji pada BRI Syariah KCP Ponorogo

Jamilah, Nur Ajizatul (2020) Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Produk Tabungan Haji pada BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi (1).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Jamilah, Nur Ajizatul. 2020 “Analisis Manajemen Pengelolaan Dana Produk Tabungan Haji pada BRI Syariah KCP Ponorogo).” Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag, M.Si.
Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengawasan
Bank BRI Syariah KCP Ponorogo menawarkan produk Tabungan Haji kepada masyrakat karena banyaknya minat dari masyarakat untuk melakukan ibadah haji, banyaknya peminat tersebut tentu saja diperlukan manajemen pengelolaan dana yang baik dari perbankan. Manajemen pengelolaan dana bank terdapat perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Manajemen yang baik terutama dalam hal pengelolaan dana memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kemudahan dan minat nasabah dalam menabung di Bank BRI Syariah khususnya dalam Produk Tabungan haji demi kelancaran persiapan pemberangkatan ibadah haji. Manajemen di dalam suatu badan usaha baik itu industri atau jasa tidak terkecuali lembaga keuangan perbankan didorong oleh motif mendapatkan keuntungan yang besar, maka dari itu manajemen harus diselenggarakan secara efisien. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang 1) bagaimana perencanaan pengelolaan dana produk tabungan haji di bank BRI Syariah KCP Ponorogo, 2) bagaimana pelaksanaan pengelolaan dana produk tabungan haji di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo, dan 3) bagaimana pengawasan pengelolaan dana produk tabungan haji di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo. Adapun penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa manajemen pengelolaan dana pada produk tabungan haji di Bank BRI Syariah KCP Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan metode deduktif yaitu metode yang menekankan pada teori lalu disingkronkan dengan data yang ada dilapangan, kemudian ditarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) perencanaan pengelolaan dana sudah sesuai dalam teori GR Terry yaitu menerapkan perencanaan strategis, perencanaan taktis, dan perencanaan oprasional. 2) pelaksanaan memiliki kesenjangan terkait pengalokasian dana tabungan haji tidak menggunkan skala prioritas akan tetapi berdasarkan pembiayaan pada produk yang halal dan produktif saja. 3) pengawasan juga sudah sesuai dengan menerapkan evaluasi rutin lalu terdapat reward dan punishment bagi karyawan selaku pelaksana manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Oleh karena itu solusi dari permasalahan ini adalah manajemen bank harus lebih teliti dalam menyalurkan dana tabungan kepada produk pembiayaan dengan memperhatikan laporan keuangan dari periode sebelumya dan disesuaikan dengan skala prioritas yang sesuai dengan teori manajemen pengelolaan dana bank.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 19:07
Last Modified: 23 Nov 2020 04:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11462

Actions (login required)

View Item View Item