Pendekatan Belas Kasih Diri Dalam Menangani Perilaku Agresif Peserta Didik (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo)

Rahmawati, Annisa (2020) Pendekatan Belas Kasih Diri Dalam Menangani Perilaku Agresif Peserta Didik (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANNISA ETHESES.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rahmawati, Annisa. 2020. Implementasi Pendekatan Belas Kasih Diri dalam Menangani Perilaku Agresif Peserta Didik (Studi Kasus di MIN 7 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.

Kata Kunci: Pendekatan Belas Kasih Diri, Perilaku Agresif, Peserta Didik
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo merupakan salah satu madrasah yang peduli terhadap perilaku siswa yang cenderung kearah agresif. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Ponorogo berdiri sejak tahun 1978 yang bertempat di Desa Winong, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. Penanganan yang dilakukan oleh MIN 7 Ponorogo terhadap siswa yang berperilaku agresif dengan menggunakan pendekatan belas kasih diri. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mendidik siswa supaya memiliki akhlak yang baik dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi perilaku agresif siswa, (2) mendeskripsikan penanganan terhadap siswa yang berperilaku agresif dengan menggunakan pendekatan belas kasih diri, dan (3) menjelaskan dampak setelah adanya penanganan tersebut.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mengambil data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian ini, ada beberapa siswa yang cenderung memiliki perilaku agresif. Adapun faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku agresif siswa adalah faktor keluarga, lingkungan, dan teman sebaya. Dengan adanya permasalahan seperti itu, pihak MIN 7 Ponorogo menerapkan bimbingan untuk anak yang berperilaku agresif dengan menggunakan pendekatan belas kasih diri. Pelaksanaan bimbingan dilakukan setiap apel pagi hari Kamis. Selain itu MIN 7 Ponorogo mendirikan organisasi Pembantu Penegak Disiplin Madrasah (PPDM) yang membantu untuk menangani siswa yang berperilaku agresif.
Hasil penelitian yang ditemukan dalam kegiatan penanganan perilaku agresif siswa adalah dengan menggunakan pendekatan belas kasih diri dapat memberikan pemahaman diri siswa bahwa perilaku agresif tidak baik untuk dilakukan. Dengan dilakukannya bimbingan ini, siswa lebih paham bahwa perilaku yang baik itu senantiasa harus dipelihara dan ditanamkan dalam jiwanya. Selain itu, siswa yang semula cenderung banyak melakukan perilaku agresif menjadi berkurang dalam beperilaku agresif. Dengan melalui bimbingan itu juga, siswa lebih menyadari pengalaman yang telah dilakukan, siswa akan cenderung memiliki akhlak yang baik, berbudi pekerti, dan bertaqwa kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:25
Last Modified: 19 Nov 2020 14:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11454

Actions (login required)

View Item View Item