(PDF KAN )ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LAPAK AYAM POTONG PAK SODIK (DESA PURWOREJO KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN)

Asrofi, Ridwan Asrofi (2020) (PDF KAN )ANALISIS BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LAPAK AYAM POTONG PAK SODIK (DESA PURWOREJO KECAMATAN GEGER KABUPATEN MADIUN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
uppload ridwan.docx

Download (1MB)

Abstract

Asrofi, Ridwan. 2020. Analisis bauran pemasaran terhadapa keputusan pembelian di Lapak Ayam Pak Sodik. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Yulia Anggraini, S.A.B., M.M.

Kata kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian

Dalam bauran pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dengan marketing mix 4p, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion). Sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran tambahan seperti orang (people), bukti fisik (physical evidence) dan proses (process), sehingga dikenal dengan marketing mix 7p. Lokasi lapak ayam potong Pak Sodik menurut konsumen yaitu sulit dijangkau dan melewati jalan raya yang tidak ada rambu lalu lintasnya, membuat konsumen kesulitan untuk melakukan keputusan pembelian di lapak tersebut. Faktanya berdasarkan wawancara dengan pemilik sudah menerapkan bauran pemasaran namun masih ada aspek dari bauran pemasaran yang belum berjalan dengan baik pada lapak ayam potong Pak Sodik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bauran pemasaran yang dilakukan di lapak ayam potong Pak Sodik untuk meningkatkan penjualan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini pemilik lapak ayam potong telah menerapkan bauran pemasaran di lapak yaitu aspek harga yang ditawarkan cukup murah dari pedagang lain, aspek produk daging ayam potong yang berkualitas, aspek promosi sudah menyebar dari mulut ke mulut, namun aspek lokasi sulit untuk menuju akses lapak ayam potong, aspek orang, karyawan melayani dengan ramah dan sopan, aspek proses, pemotongan daging cepat dan tepat, aspek bukti fisik suasananya ramai tetapi tetap kondusif karena tata letak yang rapi. Adapun kendala yang dihadapi dari aspek lokasi yang menurut konsumen akses menuju ke lapak ayam Pak Sodik susah dijangkau. Dalam mengatasi kendalanya yaitu dengan membuka cabang lokasi ayam potong yang lebih memudahkan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yulia Anggraini
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:33
Last Modified: 19 Nov 2020 14:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11453

Actions (login required)

View Item View Item