Analisis Penerapan Manajemen Pelayanan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo

Rifa'i, Samsul (2020) Analisis Penerapan Manajemen Pelayanan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Samsul Rifa'i.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Rifa’i, Samsul. 2020. “Analisis Penerapan Manajemen Pelayanan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo.” Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata Kunci: Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles, Dampak.
Sebagai lembaga pelayanan publik, kegiatan utama Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo adalah menyalurkan layanan air bersih kepada masyarakat. Dalam menyalurkan air bersih, Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo membutuhkan manajemen pelayanan baik untuk menjaga kepuasan pelanggan. Namun dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan tidak terlepas dari berbagai masalah pelayanan salah satunya adalah penanganan keluhan pelanggan seperti aliran kecil, bau atau berwarna, dan respon yang kurang, karena dapat mengakibatkan menurunnya image PDAM dan tingat kepercayaan para pelanggan kepada PDAM. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengkaji penerapan manajemen pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan manajemen pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo? Bagaimana dampak penerapan manajemen pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo?.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian field research, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara. Selanjutnya analisis data menggunakan metode deduktif yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Data yang menjadi sumber data adalah Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan manajemen pelayanan pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo sudah baik, namun masih perlu ditingkatkan dalam hal menanggapi dan menangani keluhan pelanggan, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai dan pelayanan yang dirasakan pelanggan masih kurang sepenuh hati dalam melayani. Sedangkan dampak penerapan manajemen pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo, pelanggan belum merasa puas secara maksimal. Sebab masalah yang timbul seperti penulisan alamat yang kurang jelas, respon kurang tanggap dalam mengatasi keluhan, aliran kecil, dan kualitas air yang kurang baik seperti berbau dan berwarna. Solusi untuk mengatasi masalah yang ada pada PDAM adalah untuk pelanggan yang melaporkan keluhan harus melampirkan KTP supaya pihak PDAM tidak perlu mencari-cari rumah pelanggan dengan penulisan alamat yang kurang jelas, sedangkan untuk mengatasi semua keluhan pihak PDAM harus menambah SDM, lalu cara mengatasi aliran kecil pihak PDAM harus rutin mengecek sambungan pipa lama dan menyemprot saluran pipa dengan tekanan yang besar untuk menghilangkan benda-benda yang menyumbat aliran air, dan untuk mengatasi bau dan warna pihak PDAM harus selalu memperhatikan hasil produksi air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 14:24
Last Modified: 19 Nov 2020 14:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11450

Actions (login required)

View Item View Item