UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DI MI MA’ARIF SETONO JENANGAN PONOROGO

Muwafiroh, Dzurrotul (2020) UPAYA PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KALIGRAFI DI MI MA’ARIF SETONO JENANGAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
siaaaaaaaaaaaappppppppp.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Muwafiroh, Dzurrotul. 2020. Upaya Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi di MI Ma’arif Setono Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Jamaluddin Shiddiq, M.Pd.

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kaligrafi, Kecerdasan Visual Spasial, Peserta Didik
Mendalami seni kaligrafi Arab tidaklah sesederhana kelihatannya. Dalam penulisan kaligrafi Arab harus memperhatikan berbagai macam kaidah. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat peserta didik kurang berminat pada pembelajaran kaligrafi. Di MI Ma’arif Setono Selain mempelajari kaidah-kaidah menulis indah, ekstrakurikuler kaligrafi juga disertai dengan kegiatan menggambar dan mewarnai. Selain menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik untuk menghilangkan kesan sulit dalam pelajaran kaligrafi, kegiatan menggambar dan mewarnai adalah salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MI Ma’arif Setono Jenangan Kabupaten Ponorogo (2) Untuk mengetahui implikasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial di MI Ma’arif Setono Jenangan Kabupaten Ponorogo (3) Untuk mengetahui kendala dan solusi pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi dalam mengembangkan kecerdasan visual spasial di MI Ma’arif Setono Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Tahapan pelaksanaan ekstrakurikuler kaligrafi yaitu : kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Komponen-komponen pembelajaran ekstrakurikuler kaligrafi terdiri dari: Tujuan, peserta didik, pendidik, materi, media, metode, strategi dan evaluasi. (2) Implikasi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi: Berkembangnya kemampuan menulis huruf Arab, imajinasi peserta didik lebih berkembang, memicu semangat peserta didik, mengembangkan kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam memahami konsep warna, meningkatkan konsentrasi. (3) Kendala dan solusi kegiatan ekstrakurikuler kaligrafi di MI Ma’arif Setono ialah: (a) Peserta didik yang kurang berbakat solusinya menyelesaikan tugas di rumah dan penilaian dilaksanakan pada pertemuan berikutnya. (b) Kelas tidak kondusif solusinya memberikan waktu 5 menit untuk menghabiskan makanan, menyuruh peserta didik menyimpan mainan (c) Peserta didik berbakat tetapi kurang berminat peserta didik berminat tetapi kurang berbakat. Solusi yang dilakukan oleh pelatih adalah dengan selalu memberikan motivasi dan semangat kepada peserta didik sebelum kegiatan dimulai dan setiap selesai melakukan evaluasi atau penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Jamaluddin Siddiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 05:31
Last Modified: 19 Nov 2020 05:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item View Item