(LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, IKUTI PANDUAN DI WEB DAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)pengaruh kemampuan membaca al-qur;an juz 30 dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran pai dan budi pekerti aspek al-qur'an hadits semester genap di smpn 1 sawoo ponorogo tahun pelajaran 2019/2020

Izati, Durotul (2020) (LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING BLM ADA, TAMBAHKAN WATERMARK, IKUTI PANDUAN DI WEB DAN UPLOAD ULANG SESUAI KAIDAH)pengaruh kemampuan membaca al-qur;an juz 30 dan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran pai dan budi pekerti aspek al-qur'an hadits semester genap di smpn 1 sawoo ponorogo tahun pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
BERKAS UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Izati, Durotul. 2020, " Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Juz 30 Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Di dan Budi Pekerti Aspek Al-Qur’an Hadits Semester Genap di SMPN 1 Sawoo Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020". Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. M.H. Miftahul Ulum, M.Ag.

Kata kunci: Kemampuan Membaca Al-Qur’an Juz 30, Minat Belajar Siswa, Prestasi Belajar PAI.

Prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu. Sementara prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya adalah faktor kecerdasan (kemampuan membaca Al-Qur’an), faktor bakat, faktor minat dan perhatian (minat belajar siswa), faktor motif dan lain-lain.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil pembelajaran PAI di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil pembelajaran PAI di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. (3) Mengetahui pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an juz 30 dan motivasi belajar siswa terhadap hasil pembelajaran PAI di SMPN 1 Sawoo Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa SMP Negeri 1 Sawoo kelas 7A, 8A dan 9A tahfidz. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi.. Analisis utamanya dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Dari analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) kemampuan membaca Al-Qur’an juz 30 (X1) berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa (Y) di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo sebesar 31.3%, sedangkan sisanya 68.7% dipengaruhi oleh faktor lain. 2) minat belajar siswa (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa (Y) di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo sebesar 5% sedangkan sisanya 95% dipengaruhi faktor lain. 3) kemampuan membaca Al-Qur’an juz 30 (X1) dan minat belajar siswa (X2) berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI siswa (Y) di SMP Negeri 1 Sawoo Ponorogo sebesar 3.63%, sedangkan sisanya 96.37% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. MIFTAHUL ULUM
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:27
Last Modified: 19 Nov 2020 03:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11435

Actions (login required)

View Item View Item