PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (DI KELAS VII MTS MA’ARIF AL-BAJURI, GEGERAN, SUKOREJO, PONOROGO)

Ambar, Ryan Khoironi (2020) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (DI KELAS VII MTS MA’ARIF AL-BAJURI, GEGERAN, SUKOREJO, PONOROGO). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
NASKAH SKRIPSI RYAN KHOIRONI AMBAR 210314241.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ambar, Ryan Khoironi. 2020. Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Fiqih (di Kelas VII MTs Ma’arif Al-Bajuri, Gegeran, Sukorejo, Ponorogo). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Dr. Harjali, M.Pd
Kata kunci: pemanfaatan media audio visual keterampilan pemahaman.
Dalam proses pendidikan tentu tidak mungkin lepas dari pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi yang terjadi antara pendidik (guru) dengan peserta didik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang saling bertukar informasi. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang efektif dan efisien sanggup mencapai tujuannya. Dalam proses pembelajaran, tentu membutuhkan media yang dapat membantu guru menyampaikan materi agar peserta didik dapat dengan mudah memahami apa yang menjadi inti dari materi yang diajarkan. Semua guru di sekolah manapun diharuskan melakukan pembelajaran yang efektif agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Sarana dan prasaran yang salah satunya meliputi media pembelajaran biasanya di miliki oleh sekolah-sekolah yang besar. Meskipun begitu, di sukorejo, tepatnya di MTs Al-Bajuri Gegeran, Sukorejo, Ponorogo, merupakan sekolah yang bisa dibilang tidak sebesar dan terkenal seperti sekolah-sekolah di kota, memiliki jumlah murid yang sedikit, namun ternyata dalam sekolah tersebut pembelajaran yang dilakukan oleh guru-gurunya tetap diperhatikan dan dijalankan dengan baik, di antaranya adalah dengan menggunakan media dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Penggunaan media ini dapat disesuaikan dengan materi apa saja yang akan diajarkan, misalnya Fiqih.
Dalam penelitian ini akan meneliti tentang bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran pada mata pelajaran fiqih khususnya materi shalat. Selain itu, peneliti juga hendak meneliti tentang dampak apa yang ditimbulkan setelah adanya penggunaan media audio visual dalam proses pembelajaran. Pembelajaran di sini akan difokuskan pada pelajaran fiqih materi shalat di kelas VII MTs Al-Bajuri, Gegeran, Sukorejo, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini ingin mengamati bagaimana media tersebut digunakan dan dampak apa yang terjadi setelah penggunaan media tersebut bagi siswa kelas VII MTs Al-Bajuri, Gegeran, Sukorejo, Ponorogo. Analisis yang digunakan dalam penelitian mengacu pada analisis menurut Miles dan Huberman. Temuan dari hasil penelitian ini adalah adanya penggunaan media audio visual yang digunakan guru Fiqih dalam melaksanakan proses pembelajaran Fiqih di kelas VII MTs Al-Bajuri, Gegeran, Sukorejo, Ponorogo. Penggunaan media audio visual tersebut dirasakan memberi manfaat yang banyak bagi guru dan peserta didik.
MTs Al-Bajuri, Gegeran, Sukorejo, Ponorogo tetap memperhatikan pembelajaran di kelas dengan baik meskipun jumlah siswanya sedikit. Salah satu perhatian yang diberikan adalah dengan mengoptimalkan proses pembelajaran dengan mengikuti perkembangan IPTEK. Pembelajaran fiqih pada materi shalat dilakukkan dengan menggunakan media audio visual. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media audio visual tersebut dalam pembelajaran. Penggunaan media ini meningkatkan pemahaman siswa tentang bagaimana mengamalkan shalat dengan baik dan benar.

Kata kunci: Penggunaan, Media Audio Visual, Pembelajaran, Shalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Harjali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 03:15
Last Modified: 19 Nov 2020 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11434

Actions (login required)

View Item View Item