Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Usia Dini di RA Roudlotunnahdliyah Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Mafaliha, Mardiyana (2020) Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Usia Dini di RA Roudlotunnahdliyah Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAFALIHAA .pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Mafaliha, Mardiyana. 2020. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Karakter Religius Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Raoudlotunnahdiyah Ngrawan Dolopo Madiun).
Skripsi, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah,M.Pd.I
Kata Kunci: Guru, Karakter Religius, Anak Usia Dini
Religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Pengembangan karakter religius sangat penting dikembangkan sejak usia dini. Untuk mencapai perkembangan karakter religius anak perlu mengembangkan terlebih dahulu aspek-aspek yang ada dalam karakter religius yaitu kepatuhan dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di RA Roudlotunnahdiyah Ngrawan Dolopo Madiun ada yang sudah cukup baik karakter religiusnya dan ada pula sebagian anak yang masih kurang dalam perkembangan karakter religiusnya seperti ketika berdoa berbicara sendiri, bertengkar dan masih banyak lagi.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya pengembangan karakter religius anak usia dini pada aspek kepatuhan melaksanakan ajaran agama yang dianutnya di RA Roudlhotunnahdliyah Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun; (2) untuk mengetahui upaya pengembangan karakter religius anak usia dini pada aspek toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain di RA Roudlhotunnahdliyah Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. (3) Untuk mengetahui upaya pengembangan karakter religius anak usia dini pada aspek hidup rukun dengan pemeluk agama lain di RA Roudlhotun Nahdliyah Dusun Ngrawan Desa Dolopo Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun.
Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) pengembangan kepatuhan terhadap ajaran agama yang dianut melalui a) penanaman aqidah, contoh asmaul husna, menghafalkan dua kalimat syahadat, rukun iman, nama-nama malaikat dan tugasnya, nama-nama nabi, b) pengetahuan agama, contoh pengetahuan zakat, solat, puasa, melalui lagu-lagu islami, cerita dan perayaan hari besar agama islam, c) Praktik Ibadah secara langsung, contoh praktek sholat 5 waktu, praktek wudhu, beramal, manasik haji, d) pengalaman agama, contoh mampu bersyukur, patuh terhadap aturan, tidak bertengkar, atau melakukan perbuatan tercela karena takut kepada Allah, e) melalui metode pembiasaan, contoh pembiasaan asmaul husna, syahadat,ayat qursi, surat pendek, mutiara hadist, f)metode keteladanan, contoh meneladani ketaatan guru, keteladanan 5S (salam, salim, sapa, senyum, santun), g) Metode cerita kisah-kisah islami dan kisah nabi. h) metode karyawisata, contoh kegiatan outdoor Learning melihat ciptaan-ciptaan Allah, i) Penyedian fasilitas yang mendukung pembentukan karakter religius; 2) pengembangan toleransi terhadap pelaksanaan ibadah agama lain di RA Roudlotunnahdiyah hanya pengenalan saja karena peserta didik di RA Roudlotunnahdiyah mayoritas muslim. Anak dikenalkan melalui nama-nama agama, tempat ibadah dan pemimpin agama; dan 3) pengembangan hidup rukun dengan pemeluk agama lain di RA Roudlotunnahdiyah dimulai dari pengembangan hidup rukun kepada teman seagama saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:08
Last Modified: 19 Nov 2020 01:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item