PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP URGENSI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UKI ULIN NUHA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN KEAGAMAAN DI IAIN PONOROGO

Ratnasari, Nevi (2020) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP URGENSI UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UKI ULIN NUHA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN KEAGAMAAN DI IAIN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NEVI.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Nevi Ratna. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Urgensi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UKI Ulin Nuha Sebagai Pusat Kegiatan Keagamaan di IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Wibowo, M. Pd. I

Kata Kunci: Persepsi, Organisasi, UKM UKI Ulin Nuha.
Dalam lingkungan Institut untuk mencapai tujuan pendidikan peran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sangat dibutuhkan terutama dalam pengembangan bakat dan pengalaman mahasiswa. Seperti halnya UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo yang mengembangkan itu semua melalui kesenian. Dengan demikan, tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap urgensi UKM UKI Ulin Nuha dan peran UKM UKI Ulin Nuha dalam pengembangan bakat dan pengalaman mahasiswa IAIN Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan UKM UKI Ulin Nuha sebagai pusat kegiatan keagamaan di IAIN Ponorogo, (2) Untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UKI Ulin Nuha sebagai pusat kegiatan keagamaan di IAIN Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasilnya adalah (1) Pelaksanaan kegiatan keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo, belum berjalan aktif sesuai dengan jadwal yang telah ada. Dari kegiatan harian, mingguan, bulanan, maupun kegiatan tahunan, (2) Persepsi Mahasiswa Mengenai Kegiatan Keagamaan di UKM UKI Ulin Nuha Sebagai Pusat Kegiatan Keagamaan Di IAIN Ponorogo : (a) UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo merupakan bangunan yang memiliki luas 570 M2, bangunan yang kurang begitu luas dibandingkan dengan banyaknya mahasiswa yang ada di IAIN Ponorogo. Dan sarana dan prasarananya kurang lengkap, (b) UKM UKI Ulin Nuha IAIN Ponorogo dijadikan sebagai pusat kegiatan keagamaan di IAIN Ponorogo, tetapi dalam pelaksanaannya belum begitu baik karena jadwal yang belum aktif, tempat yang belum tersedia, dan pengurus yang kurang memperhatikan kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:07
Last Modified: 19 Nov 2020 01:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11428

Actions (login required)

View Item View Item