PEMBELAJARAN MATERI ASWAJA/ KE NU-AN DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU SOSIAL PADA SISWA DI MTS TERPADU HUDATUL MUNA JENES PONOROGO

Anggraeni, Kusuma (2020) PEMBELAJARAN MATERI ASWAJA/ KE NU-AN DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU SOSIAL PADA SISWA DI MTS TERPADU HUDATUL MUNA JENES PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Kusuma Anggraeni pdf.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anggraeni, Kusuma. 2020. Pembelajaran Materi Aswaja/ ke NU-an dalam Menumbuhkan Perilaku Sosial Terhadap Siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran, Materi Aswaja/ ke NU-an, Perilaku Sosial Siswa

Materi Aswaja/ ke NU-an merupakan salah satu materi pelajaran yang ada di sekolah khususnya sekolah yang berlatar belakang NU. Materi Aswaja/ ke NU-an terdapat materi akidah Aswaja, materi Fiqih Aswaja dan materi Tasawuf/ akhlak Aswaja. Maka dengan dilaksanakan pembelajaran materi Aswaja/ ke NU-an siswa memiliki wawasan pengetahuan yang baik selain itu siswa mendapatkan pelajaran mengenai perilaku sosial yang baik terutama terhadap teman sebaya, guru maupun masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Materi Akidah Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman, guru dan masyarakat di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Materi Fiqih Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman, guru dan masyarakat di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. (3) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Materi Tasawuf/ akhlak Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman, guru dan masyarakat di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo.
Untuk menjawab rumusan masalah di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Pelaksanaan pembelajaran materi Akidah Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman sebaya, guru dan masyarakat yaitu tolong menolong dan membantu orang lain dalam hal mendoakan kebaikan maupun keselamatan orang lain maupun masyarakat. (2) Pelaksanaan pembelajaran materi Fiqih Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman sebaya, guru dan masyarakat yaitu siswa terlatih sabar baik dengan teman sebayanya serta sopan santun kepada guru (3) Pelaksanaan pembelajaran materi Tasawuf/ Akhlak Aswaja/ ke NU-an dalam menumbuhkan perilaku sosial siswa terhadap teman sebaya, guru dan masyarakat yaitu siswa saling memaafkan teman lain ketika berbuat salah, tidak pilih-pilih teman, mengajak kebaikan dan mengingatkan keburukan serta berfikir kritis, memiliki sikap sopan dan gotong royong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Nov 2020 01:06
Last Modified: 19 Nov 2020 01:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11427

Actions (login required)

View Item View Item