Korelasi Penggunaan Gadget dan Kecerdasan Emosional dengan Pembentukan Akhlakul Karimah Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019-2020

Khoiriyyah, Diana (2020) Korelasi Penggunaan Gadget dan Kecerdasan Emosional dengan Pembentukan Akhlakul Karimah Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FULL FIX.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khoiriyyah, Diana. 2020. Korelasi antara Penggunaan Gadget dan Kecerdasan Emosional dengan Pembentukan Akhlakul Karimah Mahasiswa Semester VI Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo Tahun Akademik 2019-2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Mukhlas, M.Pd.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Kecerdasan Emosional, Akhlakul Karimah.
Akhlakul karimah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengalaman ajaran Islam. Bergaul dengan akhlakul karimah berarti telah melaksanakan perintah Allah Swt. dan Rasul-Nya. Itulah yang kelak akan menjadi salah satu perantara yang dapat mengantarkan seorang muslim menuju ketenangan dan kesuksesan hidup di dunia. Akhlakul karimah dapat dilihat dari bagaimana mereka berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Maraknya penggunaan gadget dapat mempengaruhi komunikasi dan interaksi sosial, sehingga munculnya emosi mahasiswa. Oleh sebab itu, mahasiswa sangat perlu diajarkan kecerdasan emosional, sehingga mereka bisa bijak dalam menanggapi emosi orang lain. Ternyata kecerdasan emosional perlu lebih dihargai dan dikembangkan pada mahasiswa bahkan sejak menjadi siswa (peserta didik), sehingga sedini mungkin mereka telah diberi pengertian tentang kecerdasan emosional sampai ke perguruan tinggi. Karena hal inilah yang mendasari keterampilan seseorang di tengah masyarakat kelak, sehingga akan membuat seluruh potensinya dapat berkembang secara lebih optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan hubungan antara penggunaan gadget dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020. (2) Menjelaskan hubungan antara kecerdasan emosional dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020, dan (3) Menjelaskan korelasi penggunaan gadget dan kecerdasan emosional dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional di mana di dalamnya terdapat 3 variabel, yaitu variabel penggunaan gadget dan kecerdasan emosional sebagai variabel independen dan pembentukan akhlakul karimah sebagai variabel dependen. Populasi penelitian berjumlah 423 dan sampelnya 85 mahasiswa dengan teknik sampling proportional stratified sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan teknik korelasi product moment dan korelasi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) tidak terdapat korelasi yang signifikan antara penggunaan gadget dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020. Hasil ini berdasarkan hasil hitung dengan nilai rtabel= 0,213 dan rhitung= 0,0098, maka rhitung < rtabel yang artinya Ho diterima. (2) terdapat korelasi yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020. Hasil ini berdasarkan hasil hitung nilai rtabel= 0,213 dan rhitung= 0,330, maka rhitung > rtabel yang artinya Ho ditolak. (3) terdapat korelasi yang signifikan antara penggunaan gadget dan kecerdasan emosional dengan pembentukan akhlakul karimah mahasiswa semester VI jurusan Pendidikan Agama Islam di IAIN Ponorogo tahun akademik 2019-2020. Hasil ini berdasarkan hasil hitung nilai fhitung =5,28 dan ftabel =3,11 dimana fhitung > ftabel yang artinya Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Mukhlas
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 23:24
Last Modified: 18 Nov 2020 23:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11420

Actions (login required)

View Item View Item