(FILE KOSONG)Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020

Endang Wahyuning, Endang Wahyuning (2020) (FILE KOSONG)Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Endang, Wahyuning 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia Pada Siswa Kelas IV MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururuan Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan S.Ag, M.Si.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar

Rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo dikarenakan adanya beberapa faktor. Salah satu faktor tersebut yaitu guru belum memaksimlakan penggunaan strategi/model dalam pembelajaran dan media pembelajaran sehingga apa yang disampaikan guru cenderung menjenuhkan. Hal tersebut membuat siswa menjadi lesu sulit untuk diatur dan lebih memilih ramai sendiri. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dapat diupayakan dengan pemilihan model dan media pembelajaran yang tepat, yakni, model pembelajaran course review horay (CRH) menggunakan media gambar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran course review horay (CRH) menggunakan media gambar dan perbedaan penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) menggunakan Media gambar dengan penggunaan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar IPS Materi Keragaman Budaya di Indonesia pada siswa kelas IV di MI Mamba’ul Huda Ngabar Ponorogo Tahun Akademik 2019/2020..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen, yaitu quasi eksperimen yang berupaya berupaya mengungkap hubungan sebab akibat dan perbandingan antara kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan.
Dari analisis yang dilakukan diperoleh simpulan sebagai berikut; 1) Berdasarkan Uji paired sample t test, sebelum menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan media gambar rata-rata hasil belajar siswa 74,44 dan setelahnya, rata-rata hasil belajar siswa berada pada angka 89,44. Artinya terdapat kenaikan rata hasil belajar siswa sebesar 15,00. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS materi Keragaman Budaya di Indonesia terhadap rata-rata hasil belajar siswa sebesar 15,00, 2) Berdasarkan Uji independent sample t test, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen berada pada angka 89,44 dan kelas kontrol 74,72. Artinya nilai siswa kelas eskperimen yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dengan media gambar memiliki perbedaan dan lebih tinggi dan mengalami peningkatan pada angka 14,72 dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional (tidak mendapat perlakuan khusus).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 23:22
Last Modified: 18 Nov 2020 23:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11418

Actions (login required)

View Item View Item