Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dengan Pendekatan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Siswa Smp

Gusti, Titah Anugrah (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dengan Pendekatan Regulasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Siswa Smp. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TITAH E THESIS .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Gusti, Titah Anugrah. 2020. “Pengaruh pola asuh orang tua dengan pendekatan regulasi diri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu siswa smp”. Skripsi.Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci: Pola asuh orang tua, regulasi diri, hasil belajar
Banyak orang tua dari siswa tidak mendapingi siswa dalam belajar, karena banyak dari para orang tua sibuk bekerja di dalam dan luar negeri (TKI).Padahal yang diperlukan seorang anak ialah perhatian, dorongan, motivasi dan bimbingan dari orang tua, guru maupun hal tersebut bisa saja mucul di dalam dirinya sendiri.Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua denganpendekatan regulasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran ips terpadusiswa kelas VIISMP Negeri 1 Balong.
Dalam penelitian ini, peneliti mengunakanpendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 63 siswa.Data dikumpulkan menggunakan angket sebagai instrument dari variabel pola asuh orangtua dan regulasi diri, sedangkan hasil belajar diambil dari ujian akhir semester.Hasil dari angket dibantu dengan SPSS for windows versi 25.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pola asuh orangtua dengan pendekatan regulasi diri, terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan regulsi diri terhadap hasil belajar IPS siswa, Vriabel regulasi diri memperkuat pengaruh langsung pola asuh orangtua terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 25%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:34
Last Modified: 18 Nov 2020 07:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item