Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Fatimatuzzahrok, Dewi (2020) Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas V MI Mamba'ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Dewi Fatimatuzzahrok.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fatimatuzzahrok, Dewi. 2020. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Siswa Kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Moh. Miftachul Choiri, MA.

Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Perkembangan Perilaku Sosial.

Gadget sebagai alat komunikasi mempunyai beragam manfaat. Namun penggunaan gadget oleh anak-anak, dalam suasana yang tidak terkontrol dapat menimbulkan hal-hal negatif. Hal ini disebabkan anak belum dapat mengontrol diri, sehingga dimungkinkan mengakses pornografi atau kecanduan bermain game yang sulit dihentikan. Selain itu, kegiatan sosialisasi anak juga dapat terganggu karena terlalu asik menggunakan gadget. Dalam segi waktu kebanyakan anak menggunakan gadget pada saat pulang sekolah dan setelah belajar pada malam hari yaitu kurang lebih 3-6 jam perhari. Hal ini mengakibatkan anak memiliki perilaku yang suka membangkang, egois, suka berselisih atau bertengkar, sering berbohong, dan kehilangan keinginan untuk beraktivitas.
Berkaitan dengan permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat penggunaan gadget siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) mengetahui tingkat perkembangan perilaku sosial siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020, (3) mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan perilaku sosial siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling, cluster sampling (area sampling), yaitu pengambilan sampel ini berdasarkan daerah populasi yang telah ditetapkan yaitu berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data dan rumus statistik regresi linier sederhana sebagai analisis datanya.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan gadget siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar dalam kategori baik sebanyak 3 responden (9,37%), kategori sedang sebanyak 25 responden (78,13%), dan dalam kategori rendah sebanyak 4 responden (12,5%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan gadget siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar adalah sedang, (2) perkembangan perilaku sosial siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar dalam kategori baik sebanyak 2 responden (6,25%), kategori sedang sebanyak 26 responden (81,25%), dan dalam kategori rendah sebanyak 4 responden (12,5%). Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa perkembangan perilaku sosial siswa kelas V MI Mamba’ul Huda Ngabar adalah sedang, (3) ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan gadget terhadap perkembangan perilaku sosial siswa kelas V MI Mamaba’ul Huda Ngabar, yaitu dengan diperoleh nilai regresi linear sederhana Fhitung >Ftabel atau 18 > 4,17 maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti variabel (X) penggunaan gadget berpengaruh terhadap variabel (Y) perkembangan perilaku sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 07:07
Last Modified: 18 Nov 2020 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11400

Actions (login required)

View Item View Item