Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Mukim di Mi Plus Al Islam Dagangan Madiun

Fadhilah, Siti Nur (2020) Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Mukim di Mi Plus Al Islam Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210616060_SITI NUR FADHILAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fadhilah, Siti Nur. 2020, Pembentukan Karakter Mandiri dan Disiplin Siswa melalui Kegiatan Mukim di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lukman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci : Karakter Mandiri, Karakter Disiplin, Kegiatan Mukim

Permasalahan karakter merupakan titik pangkal dari semua permasalahan yang menimpa anak bangsa. Sementara itu kehidupan pendidikan justru menuntut siswa untuk taat dan tunduk pada aturan tertentu. Hal ini yang menyebabkan sekolah MI Plus Al-Islam menerapkan pendidikan karakter mandiri dan disiplin dengan melalui kegiatan mukim.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Pelaksanaan kegiatan mukim di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun, (2) Pengaruh kegiatan mukim dalam membentuk karakter disiplin dan mandiri di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun, (3) Faktor pendukung dan penghambat kegiatan mukim dalam pembentukan karakter mandiri dan karakter disiplin di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun pada bulan Maret 2020 sampai bulan Mei 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah kegiatan mukim sedangkan informannya yaitu koordinator mukim dan guru MI Plus Al-Islam Dagangan Madiun. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triagulasi sumber dan meningkatkan ketekunan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) terdapat berbagai kegiatan di dalam kegiatan mukim yaitu materi kemandirian, game, murottal, khaifiyatussholat, olah raga, motivasi, pidato tiga bahasa, (2) pengaruh pembentukan karakter disiplin dan mandiri dalam kegiatan mukim menggunakan beberapa metode yang ada didalamnya, seperti (a) kemandirian memberikan penerapan kepada siswa contoh menjaga, dan merawat diri, (b) game dan motivasi sebagai salah satu media utama anak untuk lebih berkembang. Maka membentuk karakter tidak bisa dilakukan dengan metode mengajar biasa, karena membangun karakter anak bukan sekedar paham namun juga efektif dan menyenangkan, (c) murottal melalui pembiasaan ini siswa lebih bisa membagi waktu yang menurut mereka mana penting dan tidak, (d) khaifiyatussholat membentuk pembiasaan tanpa siswa sadari dengan adanya penerapan ketentuan tahap-tahap sholat, (d) olah raga adalah aktivitas fisik yang lebih memiliki ketahanan dan mampu mengatasistressor dari lingkunganya, (e) pidato tiga bahasa mempengaruhi fisik dengan tampil percaya diri dan menunjukkan kemampuan,(3)faktor penghambat dan pendukung kegiatan mukim ada dua faktor internal dan eksternal. Internal yang dimaksud kesiapan seorang pendidik dalam kegiatan dan eksternal merupakan faktor dari luar seperti waktu, dan keadaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lukman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:17
Last Modified: 18 Nov 2020 06:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/11395

Actions (login required)

View Item View Item